Menlu Retno: Perjuangan Indonesia Konsisten Untuk Dukung Kemerdekaan Palestina

Retno menuturkan, selain mendukung kemerdekaan Palestina melalui forum-forum internasional,

Menlu Retno: Perjuangan Indonesia Konsisten Untuk Dukung Kemerdekaan Palestina
Tribunnews/JEPRIMA
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi saat wawancara khusus dengan Tribunnews.com di Gedung Kementrian Luar Negri, Jakarta Pusat, Jumat (11/10/2019). Pada kesempatan tersebut Retno menceritakan suka dukanya selama 5 tahun terakhir menjabat sebagai Menteri Luar Negri. Tribunnews/Jeprima 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Menteri Luar Negeri Indonesia Retno LP Marsudi menuturkan, posisi Indonesia sampai kapan pun sangat jelas mendukung posisi Palestina.

Hal itu sejalan dengan politik luar negeri Indonesia yang aktif dijalankan pada periode masa kepemimpinan Jokowi-JK, yakni memperjuangkan kemerdekaan bangsa Palestina.

Hal itu diungkap Retno saat berbincang dengan Tribun Network, di Kantor Kementerian Luar Negeri (Kemlu RI), Pejambon, Jakarta Pusat, Jumat (11/10/2019).

"Kalau mengenai Palestina Saya bercerita mungkin tidak hanya berjam-jam ya, tetapi berhari-hari mengenai bagaimana posisi politik luar negeri Indonesia yang sangat jelas untuk mendukung perjuangan bangsa Palestina," ungkap mantan Dubes RI untuk Belanda ini.

Baca: Mahfud MD Benarkan Usus Halus Wiranto Tertusuk

Retno menuturkan, selain mendukung kemerdekaan Palestina melalui forum-forum internasional, Indonesia, juga memberikan bantuan pertumbuhan dan perkembangan bangsa Palestina dalam hal ekonomi dan peningkatan sumber daya manusia (SDM).

Seperti, dukungan dalam bentuk ekonomi, dengan memberikan tarif 0 persen kepada beberapa barang-barang ekspor Palestina ke Indonesia.

"Melakukan pelatihan untuk pengungsi Palestina perempuan yang tinggal di Yordania ini melalui capacity building. Bagaimana melatih para perempuan pengungsi untuk bisa dari sisi ekonomi," ungkap dia.

Bagi Retno, perjuangkan untuk meraih kemerdekaan Palestina masih panjang, dan ia berharap ke depan konsistensi Indonesia untuk mendukung Palestina tidak berubah.

"Kenapa kita mendukung bangsa palestina? Karena masih ada yang harus diperjuangkan dan saya kira tidak banyak negara yang menyatakan dukungan secara konsisten terus menyampaikan dukungan kepada palestina, indonesia termasuk negara yang sangat konsisten," harapnya.

Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved