Sebelum Umumkan Kabinet, Jokowi Akan Bertemu Seluruh Ketua Umum Parpol

Ahmad Basarah menyebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan bertemu seluruh ketua umum partai politik sebelum mengumumkan kabinet

Sebelum Umumkan Kabinet, Jokowi Akan Bertemu Seluruh Ketua Umum Parpol
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Presiden Joko Widodo memberikan keterangan kepada wartawan usai menjenguk Menkopolhukam Wiranto di Paviliun Kenangan RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, Kamis (10/10/2019). Menko Polhukam Wiranto dibawa dan dirawat di RSPAD setelah sebelumnya mendapat perawatan di RSUD Berkah Pandeglang, Banten karena diserang orang tidak kenal saat kunjungan kerja di daerah tersebut. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua DPP PDI Perjuangan Ahmad Basarah menyebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan bertemu seluruh ketua umum partai politik sebelum mengumumkan kabinet pemerintahan.

"Sebelum Pak Jokowi akan mengumumkan kabinetnya setelah dilantik 20 besok beliau akan bertemu dengan ketum-ketum parpol baik parpol koalisi dan ketua umum di luar pendukung," ucap Basarah di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (11/10/2019).

Mengenai substansi pertemuan, mantan aktivis GMNI ini mengaku belum tahu pembicaraan Jokowi dengan ketum parpol lainnya.

Ia tak menampik jika pertemuan tersebut membicarakan peluang kerja sama di kabinet pemerintahan Jokowi jilid II.

Namun, keputusan untuk merangkul parpol lain dalam kabinet merupakan hak prerogatif Jokowi.

"Ya mengenai subtansi pembicaraan dan kesepakatan dalam pertemuan itu saya kira tergantung keputusan politik Pak Jokowi. Karena kalau dalam bentuk kerja samanya adalah di kabinet maka wewenang prerogatif itu ada di tangan Jokowi," katanya.

Lebih lanjut, Wakil Ketua MPR ini mengungkapkan partainya membuka diri terhadap parpol-parpol non-pendukung Jokowi yang ingin bergabung ke koalisi.

Ia mengatakan, semangat PDIP adalah mengedepankan semangat gotong royong.

Baca: Pegawai KPK Tagih Janji Jokowi Sampaikan Kasus Novel Baswedan ke Publik

Baca: Viral Wanita Temukan Piringan Hitam Dikubur, saat Diputar Berisi Nyanyian Misterius, Bisa Pecahkan?

"PDIP semangatnya adalah semangat gotong royong. Negara yang besar ini harus dikelola secara bersama sehingga sikap kita membuka diri terhadap kerja sama itu. Tapi sekali lagi, keputusan politiknya ada di tangan Jokowi selaku pemegang hak prerogatif. Kita tunggu keputusan Jokowi," ujarnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah bertemu dengan Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Halaman
12
Penulis: chaerul umam
Editor: Sanusi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved