Pelantikan Jokowi & Maruf Amin

Alumni USU Siap Kawal Proses Pelantikan Jokowi-Maruf

Acara pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih periode 2019-2024 akan dilangsungkan pada tanggal 20 Oktober 2019.

Alumni USU Siap Kawal Proses Pelantikan Jokowi-Maruf
KOMPAS.COM/INDRA AKUNTONO
Suasana Ruang Sidang Paripurna I Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Jakarta, yang digunakan untuk pelantikan Joko Widodo dan Jusuf Kalla pada Senin (20/10/2014) silam. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Glery Lazuardi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Acara pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih periode 2019-2024 akan dilangsungkan pada tanggal 20 Oktober 2019.

Jelang acara pelantikan Joko Widodo-Maruf Amin tersebut, semua pihak diminta untuk menjaga situasi kondusif sehingga acara pelantikan tersebut dapat berjalan lancar.

"Kami berada di garda terdepan mengawal proses konstitusional pelantikan Jokowi-Amin," kata Ketua Alumni Universitas Sumatra Utara (belUSUkan) Untuk Indonesia Maju, Bilmar Sitanggang, dalam keterangannya, Senin (14/10/2019).

Baca: Hasil Drawing SEA Games 2019, Timnas Indonesia U23 Berada di Grup Neraka Lawan Thailand Dan Vietnam

Baca: Romo Benny Minta Hentikan Kegaduhan Politik

Baca: 11 Barang yang Wajib Disiapkan dan Dibawa Saat Pertama Kali Umrah ke Tanah Suci

Melihat perkembangan keadaan sosial-politik bangsa saat ini, dia melihat ada pihak-pihak berupaya melakukan tindakan inkonstitusional secara masif.

Upaya itu, kata dia, bertujuan untuk menggagalkan proses pelantikan Joko Widodo - KH. Ma'ruf Amin sebagai Presiden dan Wakil Presiden.

"Pada dasarnya kami sangat menghormati hak demokrasi bagi siapapun untuk menyampaikan pendapat dan menyalurkan aspirasi secara benar dan tidak melanggar hukum dan perundang-undangan," ujarnya.

Pihaknya mendukung aparat penegak hukum bertindak tegas dan proporsional atas segala tindakan anarkis. Selain itu, dia mengecam penyerangan terhadap Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan, Wiranto.

Sementara itu, Sekjen Ketua Alumni Universitas Sumatra Utara Untuk Indonesia Maju, Tigor Tampubolon, menambahkan alumni belUSUkan sebenarnya sudah mendeklarasikan dukungan pada masa kampanye, yakni pada 16 Maret 2019 lalu bertempat di Gedung Serba Guna Pemprov Sumatera Utara, Medan.

"Dihadiri lebih kurang 12.000 alumni dari berbagai perguruan tinggi yang diinisiasi Alumni belUSUkan. Acara deklarasi waktu itu dihadiri langsung oleh Joko Widodo," tambahnya.

Penulis: Glery Lazuardi
Editor: Malvyandie Haryadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved