Pelantikan Jokowi & Maruf Amin

Karyono Wibowo: Upaya Menggagalkan Pelantikan Jokowi Banyak Gagalnya

sejumlah peristiwa yang terjadi belakangan ini tidak akan berpengaruh terhadap proses pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih.

Karyono Wibowo: Upaya Menggagalkan Pelantikan Jokowi Banyak Gagalnya
Tribunnews.com/ Fransiskus Adhiyuda
Direktur Indonesia Public Institute (IPI), Karyono Wibowo saat diskusi bertajuk 'Menakar Situasi Polhukam Mejelang Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden' di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Selasa (15/10/2019). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fransiskus Adhiyuda

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Direktur Indonesia Public Institute (IPI), Karyono Wibowo mengatakan, sejumlah peristiwa yang terjadi belakangan ini tidak akan berpengaruh terhadap proses pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih.

Karyono mencontohkan bagaimana peristiwa di Papua, demonstrasi mahasiswa menolak sejumlah RUU undang-undang, hingga penusukan Menkopolhukam Wiranto di Pandeglang tidak berpengaruh terhadap pelantikan presiden.

Hal tersebut disampaikan Karyono dalam diskusi bertajuk 'Menakar Situasi Polhukam Mejelang Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden' di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Selasa (15/10/2019).

Baca: Jurus Jitu Dubes Wahid Supriyadi Perkenalkan Budaya Indonesia Kepada Masyarakat Rusia

Baca: Sapma PP Siap Sukseskan Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI Terpilih

"Saya melihat bahwa sejumlah peristiwa tersebut tidak memiliki tujuan yang sama untuk menggagalkan pelantikan Presiden Kalaupun kita lihat misalnya di Papua tidak ada korelasinya secara langsung terhadap proses penggagalan pelantikan presiden," kata Karyono.

Lebih jauh, Karyono menyebut, peristiwa nasional yang terjadi jelang pelantikan presiden dan wakil presiden tak memiliki korelasi terhadap pelantikan Jokowi-Ma'ruf.

Bahkan, hampir pasti jika melihat kondisi yang ada sekarang, pelantikan Jokowi sebagai presiden dua periode akan berjalan mulus.

"Kalau kita melihat fenomena gerakan yang yang ditujukan untuk menggagalkan pelantikan presiden tidak hanya kali ini saja misalnya ketika pemilu presiden dari 2004 2009-2014 juga Pak Jokowi memenangkan Pilpres berpasangan dengan pak Yusuf Kalla juga sama ada upaya-upaya gerakan-gerakan yang mengarah untuk menggagalkan pelantikan Presiden," ungkap Karyono.

"Hari ini menurut saya memang ada juga ya upaya untuk menggagalkan pelantikan Presiden tetapi pertanyaannya sejauhmana gerakan tersebut berhasil menggagalkan pelantikan presiden kita lihat dari sebelumnya berbagai upaya untuk menggagalkan pelantikan Presiden kebanyakan gagalnya," tambahnya.

2 kepala negara

Halaman
1234
Penulis: Fransiskus Adhiyuda Prasetia
Editor: Adi Suhendi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved