PKS Akan Bertemu Jokowi Usai Pelantikan, Mengapa?

Pipin mengatakan permintaan itu disampaikan oleh Mensesneg Pratikno saat sepuluh pimpinan MPR RI bertemu dengan Jokowi pada Rabu (16/10/2019).

PKS Akan Bertemu Jokowi Usai Pelantikan, Mengapa?
Rizal Bomantama/Tribunnews.com
Politikus PKS Pipin Sofyan 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Politikus PKS (Partai Keadilan Sejahtera) Pipin Sofyan mengungkap bahwa sudah ada rencana pimpinan PKS untuk bertemu dengan Joko Widodo.

Pipin mengatakan permintaan itu disampaikan oleh Mensesneg Pratikno saat sepuluh pimpinan MPR RI bertemu dengan Jokowi pada Rabu (16/10/2019).

Salah satu pimpinan MPR RI yaitu Hidayat Nur Wahid yang juga menjabat Wakil Ketua Majelis Syura PKS turut hadir dalam pertemuan tersebut.

“Memang sudah ada permintaan agar ada pertemuan antara PKS dan Pak Jokowi, permintaan disampaikan Pak Pratikno saat pimpinan MPR RI menemui Pak Jokowi kemarin,” terang Pipin di kawasan Duren Tiga, Pancoran, Jakarta Selatan, Kamis (17/10/2019).

Baca: Tolak Eksepsi, Hakim Lanjutkan Perkara Habil Marati

Pipin mengatakan pihak PKS menyanggupi permintaan itu, namun dengan syarat pertemuan dilaksanakan usai Jokowi dan Ma’ruf Amin dilantik 20 Oktober 2019.

Keputusan itu menurut Pipin diambil PKS agar tak ada kesan yang timbul dari publik bahwa ada negosiasi jatah menteri antara PKS dan Jokowi jika pertemuan tersebut dilaksanakan sebelum pelantikan.

Pipin menegaskan bahwa sikap tersebut menunjukkan konsistennya PKS mengambil jalan sebagai partai oposisi dan penyeimbang pemerintah.

Akan tetapi menurutnya belum ada tanggal yang pasti kapan diselenggarakannya pertemuan tersebut.

“Kami akan bertemu dengan Pak Jokowi tapi tunggu waktunya setelah pelantikan, jangan sampai dimaknai ada negosiasi. Kami tegas ingin ada di luar pemerintahan, karena kami sadar beban Pak Jokowi cukup besar mengurus partai yang bergabung di pemerintahan, apalagi jika PKS bergabung,” tegas Pipin.

Menurutnya posisi oposisi yang diambil PKS tak menjadi penghalang untuk bertemu dengan Jokowi.

“Sama seperti usai Pemilu 2014 kami juga tetap menemui Pak Jokowi meski pun PKS menjadi oposisi,” pungkasnya.

Penulis: Rizal Bomantama
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved