Relawan Jokowi Usul 20 Oktober Jadi Hari Persaudaraan Nusantara

Ketua Panitia HPN Baney Birowo mengatakan pihaknya mengusulkan agar setiap tanggal 20 Oktober setiap tahunnya diperingatkan sebagai HPN.

Relawan Jokowi Usul 20 Oktober Jadi Hari Persaudaraan Nusantara
Istimewa
Relawan. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Puluhan relawan Jokowi-Ma'ruf Amin dan pendukung Prabowo Subianto berkumpul. Mereka mengusulkan tanggal 20 Oktober ditetapkan sebagai Hari Persaudaraan Nusantara (HPN).

Ketua Panitia HPN Baney Birowo mengatakan pihaknya mengusulkan agar setiap tanggal 20 Oktober setiap tahunnya diperingatkan sebagai HPN.

Di acara nanti, kata Barney, akan diisi beberapa acara seperti doa lintas agama, tarian nasional, deklarasi HPN.

"Acaranya akan digelar di hari yang sama dengan pelantikan Jokowi-Ma'ruf Amin, Minggu (20/10) pukul 12.00 WIB," kata barney di Sekretariat Rumah Jokowi (RJ), di kawasan Tugu Proklamasi, Jakarta Pusat, Kamis (17/10/2019).

Baca: Sofyan Djalil Kisahkan Perintah Jusuf Kalla yang Buatnya Tidur dengan Uang Rp 10 M Saat Tsunami Aceh

Baca: Sempat Viral karena Menendang Pengendara Motor, Nicholas Carr Disidang dan Terancam Pidana 2,8 Tahun

Baca: Citra Kirana & Rezky Aditya Go Publik, Sang Sahabat Ichal Muhammad Bongkar Rencana Pernikahan Mereka

Di kesempatan yang sama, inisiator HPN Yongki Jonacta Yani menjelaskan diusulkannya setiap tanggal 22 Oktober diperingati sebagai HPN ada filosofinya.

"Jadi setiap pelantikan Presiden-Wakil Presiden sekaligus memperingati HPN," kata Yongki yang merupakan Ketua Umum Rumah Jokowi (RJ).

Yongki menegaskan, HPN perlu dilakukan, karena dari kondisi beberapa tahun terakhir ini rasa persaudaraan sesama rakyat Indonesia cukup mengkhawatirkan.

"Sejak Pilkada DKI 2017 sampai Pilpres 2019 kondisi politik negara ini panas sekali. Mengesankan ada kebencian antar masyarakat yang sampai saat ini belum tuntas terselesaikan. Ini tanggung jawab kita bersama," ujarnya.

Padahal kata Yongki, elit politiknya saja sudah berangkulan, namun tidak tidak diikuti oleh tingkat grassroot.

"Pak Prabowo dan Pak Jokowi saja sudah bertemu. Kenapa para pendukungnya tidak mengikuti sikap bijak itu," tukas Yongki.

Dia berharap, dengan ditetapkannya HPN maka persaudaraan antar warga negara akan terjaga dengan baik. (*)

Editor: Malvyandie Haryadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved