Pelantikan Jokowi & Maruf Amin

Rusman Terharu Melihat Jokowi Pakai Batik Jahitannya saat Nonton Tivi

Jokowi ternyata sudah mempunyai langganan tempat jahit untuk membuatkan pakaiannya yang digunakan setiap hari. Ttak lain, tempat jahit itu

Rusman Terharu Melihat Jokowi Pakai Batik Jahitannya saat Nonton Tivi
TRIBUNNEWS.COM
Rusman (65), sudah meneruskan usaha jahit Feng Sin Tailor, sejak tahun 1971. 

Laporan Wartawan Magang Muhammad Alberian Reformansyah
TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA-Jelang pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih 2019-2024, Jokowi sebagai presiden terpilih, tentu memerlukan setelan pakaian baru untuk tampil di depan publik. Apalagi saat pelantikan, Minggu (20/10/2019).

Selama ini, Jokowi ternyata sudah mempunyai langganan tempat jahit untuk membuatkan pakaiannya yang digunakan setiap hari. Tak lain, tempat jahit itu adalah Feng Sin Tailor.

Feng Sin Tailor sudah menjualkan jasa jahitnya sejak 1933. Usaha jasa penjahitan tersebut kerap digunakan untuk menjahit pakaian beberapa pejabat tinggi negara dari zaman Orde Baru hingga sekarang, sebut saja Ahok dan Jokowi contohnya.

Tempat usaha jahit yang berada di Jalan Gunung Sahari V/11A, Kemayoran, Jakarta Pusat itu sekarang dimiliki oleh Rusman (65) yang sudah meneruskan usaha tersebut sejak tahun 1971. "Iya ini usaha berdiri sejak tahun 1933. saya megang (usaha) ini tahun 1971" kata Rusman ketika ditemui Jumat (18/10/2019).

Rusman mengaku Jokowi memesan dibuatkan pakaian setiap bulannya sejak tahun 2012 saat ia menjabat menjadi Gubernur DKI Jakarta. "Biasanya (baju) putih, sama celana hitam saja dia, kecuali kalau pakaian batik, itu bahannya (berasal) dari mana-mana," ujarnya sambil tertawa.

Baca: Kisah Kakek 72 Tahun Jalan Kaki dari Wonogiri ke Rumah Jokowi di Solo, Menolak Diberi Uang

Rusman juga mengatakan, ukuran badan Jokowi hingga sekarang tak pernah berubah. Bahkan sangking sudah tahu ukuran bajunya yang tak pernah berubah, Jokowi cukup mengirimkan bahan yang ingin dijadikan pakaian kepada Rusman. "(Dulu) saya yang ke Istana. Sekarang tinggal ngirim bahan aja dia" ucapnya.

Untuk masalah harga, Jokowi tidak dikenakan tarif khusus. Rusman menjual jasa jahitnya kepada Jokowi dengan tarif yang sama seperti pelanggan biasa. "Ya kalau harga sama kayak yang lainnya, patokan (harganya) dari bahannya" jelasnya.

Tak hanya Jokowi, Iriana dan Kaesang pun kerap memesan pakaian di Feng Sin Tailor. "Kalau mas Kaesang biasanya (memesan pakaian) style anak muda, kalau ibu Iriana sukanya (dibuatkan) celana" aku Rusman.

Baca: Ramalan Zodiak Hari Ini Sabtu, 19 Oktober 2019 : Virgo Tetap Semangat, Scorpio Cenderung Boros

Senyum Rusman mulai terlihat ketika ia mengenali baju batik yang dikenakan Jokowi di layar televisi. Ia mengaku itu merupakan salah satu karyanya. "Nah itu, itu baju yang saya buat juga" ucapnya bangga.

Rusman mengaku haru saat menonton televisi tersebut. Terkagum-kagum, karyanya dipakai oleh orang nomor satu di Indonesia.

Editor: Rachmat Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved