Breaking News:

Pelantikan Jokowi & Maruf Amin

Amankan Pelantikan Presiden dan Wapres, Drone Dibekali Infra Red Pantau Sniper

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengatakan pihaknya telah menerjunkan drone intai untuk memantau sniper yang bukan ditempatkan oleh TNI/Polri

Tribunnews.com/Gita Irawan
Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto meninjau pasukan Marinir di Graha Jala Puspita usai meninjau pos pengamanan pelantikan Presiden RI dan Wakil Presiden RI pada Minggu (20/10/2019). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNES.COM, JAKARTA - Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengatakan pihaknya telah menerjunkan drone intai untuk memantau sniper yang bukan ditempatkan oleh TNI dan Polri di Jakarta terutama di sekitar Gedung DPR dan MPR dan Istana Merdeka.

Meski bukan sniper, kata Hadi, pihaknya juga akan memantau obyek asing lain di atas gedung bertingkat.

Hadi mengatakan, pihaknya menerjunkan satu drone intai yang digunakan secara bergantian selama delapan jam.

"Pesawat tanpa awak (drone) yang kita terbangkan ada infra red-nya. Sehingga kita bisa memantau sniper di atas gedung yang bukan kita tempatkan. Walaupun itu bukan sniper, tapi ada metal dan ada orangnya itu kita akan curigai," kata Hadi di Graha Jala Puspita Jakarta Pusat, Minggu (20/10/2019).

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto bersama Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian beserta jajarannya usai meninjau pos pengamanan pelantikan Presiden RI dan Wakil Presiden RI pada Minggu (20/10/2019).
Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto bersama Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian beserta jajarannya usai meninjau pos pengamanan pelantikan Presiden RI dan Wakil Presiden RI pada Minggu (20/10/2019). (Gita Irawan)

Hadi juga mengatakan pihaknya telah mengerahkan helikopter, pesawat Boeing, dan pesawat tanpa awak (drone) untuk mendapatkan situasi keamanan di seluruh titik krusial di wilayah Jakarta saat pelantikan Presiden RI dan Wakil Presiden RI di Gedung DPR-MPR RI Jakarta pada hari ini Minggu (20/10/2019).

Informasi yang dikumpulkan alutsista TNI tersebut nantinya akan dilaporkan secara langsung ke posko pengamanan di Jalan Merdeka Barat.

Baca: Dua Bocah Menangis di Tepi Jalan Lihat Orang Tuanya Terbakar di Dalam Mobil

Sehingga jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan maka dapat segera diambil tindakan yang tepat oleh TNI-Polri.

"Sehingga seluruh aparat TNI Polri dapat memantau realtime wilayah-wilayah yang dianggap kritis. Kekuatan-kekuatan lain yang kita kerahkan juga pesawat tanpa awak terus mengawasi di seluruh wilayah ibu kota terhadap ancaman-ancaman yang mungkin terjadi dan semuanya dilaporkan ke posko utama di Meredeka Barat," kata Hadi di Graha Jala Puspita Jakarta Pusat, Minggu (20/10/2019) pagi.

Diberitakan sebelumnya, sejumlah alutsista dikerahkan oleh TNI AU dalam rangka mengamankan pelantikan Presiden RI Joko Widodo dan Wakil Presiden RI di Gedung DPR MPR RI Jakarta pada hari ini, Minggu (20/10/2019).

Layar besar berukuran 3x3 meter disiapkan di Lobi Gedung Nusantara III DPR RI, Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (20/10/2019) siang jelang pelantikan Joko Widodo dan Maruf Amin sebagai presiden dan wakil presiden RI periode 2019-2024.
Layar besar berukuran 3x3 meter disiapkan di Lobi Gedung Nusantara III DPR RI, Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (20/10/2019) siang jelang pelantikan Joko Widodo dan Maruf Amin sebagai presiden dan wakil presiden RI periode 2019-2024. (Rizal Bomantama)
Halaman
12
Penulis: Gita Irawan
Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved