Pelantikan Jokowi & Maruf Amin

Hadiri Pelantikan, Ketua KPU : Ini Tahapan Akhir Pilpres dan Pileg 2019

Arief menuturkan, ini merupakan tahapan akhir dari pelaksanaan pilpres dan pileg 2019 yang dilaksanakan oleh KPU di bulan April lalu.

Hadiri Pelantikan, Ketua KPU : Ini Tahapan Akhir Pilpres dan Pileg 2019
Tribunnews.com/Rina Ayu
Ketua KPU Arief Budiman menghadiri acara pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih, Jokowi dan Maaruf Amin, di kompleks MPR/DPR RI, Senayan, Jakarta, pada Minggu (20/10/2019). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Ketua KPU Arief Budiman menghadiri acara pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih, Jokowi dan Maaruf Amin, di kompleks MPR/DPR RI, Senayan, Jakarta, pada Minggu (20/10/2019).

Arief menuturkan, ini merupakan tahapan akhir dari pelaksanaan pilpres dan pileg 2019 yang dilaksanakan oleh KPU di bulan April lalu.

Ia berharap pelaksanaan kegiatan dapat berjalan lancar aman dan tertib.

"Tahapan pelantikan ini menjadi tahapan terakhir didalam tahapan yang diatur oleh KPU untuk pileg pilpres 2019, apapun yang terjadi hari ini adalah bagian yang kami cantumkan dilaporan kami di dalam kegiatan pemilu," kata Arief.

Baca: Daftar Kepala Negara Hadir Pelantikan Presiden, Ada 1 Raja Negara Kecil di Afrika, Ini Sosoknya

Baca: Gowes Nusantara di Kota Rengat Diikuti Sekitar Dua Ribu Peserta

Baca: Masyarakat Kabupaten Langkat Ramaikan Gowes Nusantara yang Digelar di Alun-alun

Berdasarkan, catatan pihaknya, ujar Arief,beberapa regulasi terkait pemilu masih perlu disempurnakan, seperti melalui revisi, untuk pemerintahan ke depan.

"Kami berharap pemerintah dan DPR cepat merespon ini agar segera kita bahas supaya persiapan pelaksanaan pilkada 2020 bisa lebih baik lagi," harap dia..

Pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih, Jokowi dan Maaruf Amin sendiri akan dimulai pada pukul 14.30 WIB.

Jokowi dan Maaruf Amin dinyatakan resmi menang oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada 21 Mei 2019 lalu.

Hal itu berdasarkan atas Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Perhitungan Secara Nasional, yang terdiri atas perolehan suara di 34 provinsi dan 130 panitia pemilihan luar negeri (PPLN).

Jumlah suara sah pasangan capres-cawapres nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf Amin 85.607.362 atau 55,50 persen dari total suara sah nasional.

Jumlah suara sah pasangan capres-cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno 68.650.239 suara atau 44,50 persen dari total suara sah nasional.

Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Malvyandie Haryadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved