Pembangunan Infrastruktur Bidang Transportasi Buat Indonesia Terkoneksi

pembangunan infrastruktur darat, laut dan udara di tanah air membuat hampir seluruh Indonesia sudah terkoneksi antara satu daerah dan daerah lain

Pembangunan Infrastruktur Bidang Transportasi Buat Indonesia Terkoneksi
HandOut/Istimewa
Forum Pejuang NKRI menggelar kegiatan 'Sarasehan Kebangsaan' bertema "Negara Indonesia Maju Hanya Oleh Bangsa Indoensia Sendiri" di Hotel Indonesia, Jakarta, Senin (21/10/2019). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Forum Pejuang NKRI menggelar kegiatan 'Sarasehan Kebangsaan' di Hotel Indonesia, Jakarta, Senin (21/10/2019).

Acara ini mengangkat tema "Negara Indonesia Maju Hanya Oleh Bangsa Indoensia Sendiri".

Beberapa tokoh hadir sebagai narasumber dalam acara ini antara lain Wakil Ketua Dewan Kehormatan Partai Golkar Akbar Tanjung, Ilham Akbar Habibie, Letjen TNI Agus Widjojo, Richardus Eko Indrajid, Soelaeman Soemawinata, dan Mudjia Raharjo.

Dalam diskusi, putra pertama Presiden ke-3 Indonesia Baharuddin Jusuf Habibie, Ilham Habibie, mengapresiasi pembangunan infrastruktur bidang transportasi di Indonesia.

Menurut dia, pembangunan infrastruktur darat, laut dan udara di tanah air membuat hampir seluruh Indonesia sudah terkoneksi antara satu daerah dan daerah lain.

"Banyak sekali bandar udara baru, semua sudah sangat baik. Banyak pelabuhan-pelabuhan bagus. Begitupun darat, ada jalan tol, semua sudah terkoneksi," kata dia, di sesi diskusi, Senin (21/10/2019).

Setelah tersedia infrastruktur bidang transportasi, dia mengingatkan pentingnya optimalisasi sistem infrastuktur tersebut.

Optimalisasi sistem infrastruktur itu harus didukung infrastruktur tambahan berupa informasi teknologi (IT) sebagai pengontrol.

"Kalau kita saat ini infrastruktur sudah ada, smart city, smart tol, smart airport, smart sea port, ini harus dikoneksikan agar memantapkan satu optimalisasi sistem, transportasi," kata dia.

Dia meyakini Indonesia akan menjadi negara maju. Dia menegaskan menjadi negara maju atau tidak itu diputuskan bangsa Indonesia sendiri bukan bangsa lain.

"Kita ini negara besar, bukan negara kecil. Besar dengan 270 jumlah penduduk saat ini. Dalam waktu dekat insya 2030 diatas 300 juta kita ini negara kelima terbesar di dunia," ujarnya.

Sementara itu, mantan ketua DPR RI, Akbar Tanjung, menilai Indonesia lebih maju di bidang teknologi, ekonomi dan Infrastruktur di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo.

"Indonesia maju sudah menjadi icon, terutama pak Jokowi sebagai Presiden yang kemarin juga sudah dilantik. Bagaimana menjadikan Indonesia maju ya oleh bangsa Indonesia sendiri," ujarnya.

Editor: Hasiolan Eko P Gultom
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved