Tak Singgung Isu Pemberantasan Korupsi Hingga HAM, PKS Sebut Jokowi Tidak Peka

Politikus PKS, Ahmad Fathul Bari menyebut komitmen terhadap isu tersebut dinilainya tidak tampak pada Jokowi.

Tak Singgung Isu Pemberantasan Korupsi Hingga HAM, PKS Sebut Jokowi Tidak Peka
Tribunnews/Jeprima
Presiden Joko Widodo bersama Wakil Presiden Maruf Amin menerima ucapan selamat dari Sultan Brunei Darussalam, Hassanal Bolkiah seusai Jokowi dan Maruf Amin dilantik dalam acara Sidang Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Masa Jabatan 2019-2024 di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (20/10/2019) sore. Tribunnews/Jeprima 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Igman Ibrahim

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menyayangkan pidato perdana presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak sama sekali menyinggung soal pemberantasan korupsi, HAM, demokrasi, dan lingkungan hidup.

Politikus PKS, Ahmad Fathul Bari menyebut komitmen terhadap isu tersebut dinilainya tidak tampak pada Jokowi. Padahal, dalam 5 tahun pemerintahannya, isu-isu tersebut justru dirasakan publik mengalami penurunan.

"Walaupun tidak semua hal harus disampaikan dalam pidato inagurasinya, tapi setidaknya, tentu jika beliau peka terhadap suara dan harapan publik, maka sudah sepatutnya hal itu beliau singgung," kata Fathul saat dihubungi, Selasa (22/10/2019).

Baca : Janji Jokowi Periode ke-2 Kabar Buruk PNS?Ini Tunjangan dan Jabatan Dipangkas, 430ribu PNS Terdampak

Apalagi, Fathul mengatakan, isu-isu itu juga telah menjadi sorotan publik dengan maraknya aksi demonstrasi dalam beberapa waktu terakhir.

"Banyak sorotan publik dengan aksi demonstrasi yang dilakukan di berbagai daerah, jatuhnya korban jiwa dalam aksi demonstrasi serta korban jiwa di Wamena, kebakaran hutan, dan sebagainya. Tapi ternyata hal itu tidak dilakukan (Jokowi)," ungkapnya.

Kendati demikian, Fathul mengharapkan, isu-isu yang tak disebutkan oleh Jokowi pada pidato perdananya tetap menjadi prioritas pada periode keduanya.

"Semoga harapan perubahan masyarakat di periode kedua beliau ini tidak semakin tertutup dengan kesan yang beliau tunjukkan dalam pidato inagurasinya yang mengabaikan suara publik," pungkasnya.

Editor: Hendra Gunawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved