Breaking News:

Kabinet Jokowi

Jokowi Beberkan Alasan Pilih Nadiem Makarim Jadi Mendikbud

Jokowi melihat sosok Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim dapat membuat sebuah terobosan yang besar di dunia pendidikan.

Tribunnews/Jeprima
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Anwar Makarim memberikan kata sambutan usai serah terima jabatan (sertijab) di Gedung Kemendikbud, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (23/10/2019). Nadiem Makarim resmi ditunjuk Presiden Joko Widodo sebagai Menteri Pendidikan, Kebudayaan, dan Pendidikan Tinggi (Mendikbud Dikti) pada Kabinet Indonesia Maju 2019-2024. Tribunnews/Jeprima 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA  - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melihat sosok Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim dapat membuat sebuah terobosan yang besar di dunia pendidikan. 

Awalnya, Jokowi menjelaskan, ada 300 ribuan sekolah dari tingkatan Taman Kanak-Kanak (TK) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA) tersebar diribuan pulau di Indonesia, dengan jumlah sekitar 50 juta pelajar.

"Bayangkan mengelola sekolah, mengelola pelajar, menajamen guru yang sebanyak itu dan dituntut oleh sebuah standar yang sama," ucap Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (24/10/2019).

Baca: Puan Ungkap Tantangan Jadi Menko PMK: Soal Kartu Sembako Hingga KIP Kuliah

Baca: Soal Kursi Wakil Menteri, PPP: Kami Serahkan ke Presiden

Baca: Conor McGregor Siap Bertarung Kembali di UFC, Donald Cerrone Berpeluang Jadi Lawan Comebacknya

Namun, setelah masuknya teknologi, Jokowi berharap akses ke pendidikan semakin mudah dan Kemendikbud dapat membuat sebuah lompatan besar, yang dulunya dirasa tidak mungkin menjadi mungkin. 

"Oleh sebab itu kenapa dipilih mas Nadiem Makarim, beliau sudah bercerita pada saya apa yang akan dikerjakan," kata Jokowi

"Sehingga kita harapkan lompatan kualitas sumber daya manusia nanti betul-betul bisa terjadi. Ada peluang besar, ada terobosan untuk melakukan itu," sambung Jokowi.

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Malvyandie Haryadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved