Kabinet Jokowi

Surya Tjandra Jadi Wamen, Sofyan Djalil: Kami Banyak Kesamaan

Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sofyan Djalil kini resmi dibantu oleh Wakil Menteri Surya Tjandra.

Surya Tjandra Jadi Wamen, Sofyan Djalil: Kami Banyak Kesamaan
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Mantan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Sofyan Djalil tiba di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (22/10/2019). Menurut rencana, presiden Joko Widodo akan memperkenalkan jajaran kabinet barunya kepada publik hari ini usai dilantik Minggu (20/10/2019) kemarin untuk masa jabatan periode 2019-2024 bersama Wakil Presiden Ma'ruf Amin. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - ‎Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) atau Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sofyan Djalil kini resmi dibantu oleh Wakil Menteri Surya Tjandra.

Surya Tjandra yang juga Politisi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) resmi dilantik Presiden Jokowi pada Jumat (25/10/2019) di Istana Negara bersama 11 wamen lainnya.

Usai pelantikan, Sofyan dan Surya Tjandra tampak kompak.

Rupanya mereka berasal dari satu almamater yang sama yakni Fakultas Hukum UI. Hanya saja, Sofyan jauh lebih senior.

Sejumlah Wakil Menteri disumpah saat acara pelantikan Wakil Menteri Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara, Jakarta, Jumat (25/10/2019). Presiden Joko Widodo resmi melantik 12 Wakil Menteri Kabinet Indonesia Maju. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Sejumlah Wakil Menteri disumpah saat acara pelantikan Wakil Menteri Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara, Jakarta, Jumat (25/10/2019). Presiden Joko Widodo resmi melantik 12 Wakil Menteri Kabinet Indonesia Maju. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN (TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN)

"Kami banyak kesamaan baik dari visi maupun dari alumni. Mudah-mudahan BPN akan lebih baik lagi dengan adanya Wamen Pak Surya Tjandra," ujar Sofyan di Komplek Istana Kepresidenan Jakarta.

Bicara soal kecocokan, Sofyan ‎mengaku sudah melihat daftar riyawat hidup Surya Tjandra dan secara personal keduanya baru bertemu saat pelantikan.

Dia yakin bersama dengan Surya Tjandra maka ATR/BPN akan semakin maju.

"Kebetulan kami sama-sama Fakultas Hukum UI cuma saya lebih senior dan dia junior. Jadi kalau dua alumni tidak bisa lebih bagus, ATR/BPN ini, sangat terlalu," papar Sofyan.

Sementara itu, Surya Tjandra mengaku senang karena di pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin ‎dirinya diminta untuk membantu Sofyan.

"Beliau (Sofyan) ini memang favorit saya dari dulu. Saya kenal reputasinya dan saya senang, bangga. Mohon diajari Pak Sofyan, saya ingin bantu yang terbaik," pinta Surya Tjandra.

Program kedepan, Sofyan menargetkan 2025 seluruh tanah sudah terdaftar dan memiliki sertifikat.‎

Selain itu, kementeriannya akan terus menambah pelayanan menggunakan sistem digital sehingga memudahkan masyarakat.

‎Disisi lain, reformasi agraria akan terus dilakukan termasuk di dalamnya penyelesaian konflik masalah tanah.

Penulis: Theresia Felisiani
Editor: Sanusi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved