BNPB Tawarkan Program Emas Biru dan Emas Hijau untuk Korban Gempa Ambon

Bantuan tersebut termasuk memberikan pembinaan, pendampingan hingga penjualan hasil budidaya ikan laut

BNPB Tawarkan Program Emas Biru dan Emas Hijau untuk  Korban Gempa Ambon
IST
Presiden Jokowi saat bertatap muka dengan korban gempa Ambon 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo menawarkan program Emas Biru dan Emas hijau untuk membantu pemulihan ekonomi korban gempa Ambon.

Hal itu diungkapkannya saat Presiden Republik Indonesia Joko Widodo meninjau pengungsi yang berlokasi di Lapangan Universitas Darussalam, Maluku Tengah, Ambon pada Selasa (29/10/2019).

Doni menjelaskan, program Emas Biru adalah bantuan terkait budidaya ikan hias laut berupa ikan Nemo dan pengolahan ikan asap untuk dikonsumsi.

Doni menjelaskan, bantuan tersebut termasuk memberikan pembinaan, pendampingan hingga penjualan hasil budidaya ikan laut tersebut.

Sedangkan untuk program emas hijau adalah bantuan berupa pembibitan tanaman bernilai ekonomis antara lain Pala, Cengkeh, Sukun dan Matoa.

Tidak hanya itu, BNPB juga akan memberikan dukungan pembibitan kayu bernilai ekonomis tinggi seperti Gaharu, Jabin dan Toren.

Baca: 10 Masalah Korban Gempa Ambon: 20 Hari 5 Mi instan, 17 Bayi Lahir 2 Tewas, hingga Trauma

BNPB juga memberikan dukungan alat pengolahan sagu yang dapat menghasilkan tepung sagu, mi sagu dan beras sagu.

"Hal itu karena Maluku memiliki banyak pohon sagu yang dapat diolah, diharapkan bantuan-bantuan tersebut dapat memicu produksi dan pertumbuhan ekonomi daerah," kata Doni dalam keterangan resmi BNPB pada Selasa (29/10/2019).

Sementara itu, Jokowi juga menyatakan Pemerintah akan memberikan bantuan stimulan untuk warga yang rumahnya rusak akibat gempa beberapa waktu lalu.

Halaman
12
Penulis: Gita Irawan
Editor: Fajar Anjungroso
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved