2.000 Personel TNI Bantu Percepatan Pembangunan Hunian Tetap untuk Korban Gempa Lombok dan Sulteng

Ia menjelaskan dua ribu personel TNI tersebut dikerahkan dari seluruh Indonesia

2.000 Personel TNI Bantu Percepatan Pembangunan Hunian Tetap untuk Korban Gempa Lombok dan Sulteng
Tribunnews.com/Rina Ayu
Pelaksana Harian (PLH) Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB Agus Wibowo, saat ditemui di kantor BNPB, Jakarta Timur, Rabu (31/7/2019). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kapusdatinmas BNPB Agus Wibowo mengatakan saat ini sudah ada seribu personel Zeni Konstruksi (Zikon) TNI yang membantu membangun hunian tetap bagi korban bencana di Lombok Nusa Tenggara Barat beberapa waktu lalu.

Tidak hanya itu, ia mengatakan saat ini seribu personel Zeni Konstruksi TNI lainnya juga telah siap membantu membangun hunian tetap bagi korban bencana di Sulawesi Tengah beberapa waktu lalu.

Baca: Gibran dan Purnomo Masuk Penjaringan Eksternal, PKS Solo Bakal CLBK dengan PDI Perjuangan?

Agus mengatakan BNPB meminta bantuan dua ribu personel Zikon tersebut dari Mabes TNI agar penyelesaian hunian tetap untuk korban bencana di dua wilayah tersebut dapat berjalan lebih cepat dan efisien.

Ia menjelaskan dua ribu personel TNI tersebut dikerahkan dari seluruh Indonesia.

"Saat ini di NTB ada 1.000 personel untuk bantuan. Nanti akan ada 1.000 lagi personel untuk Sulteng. Supaya cepat. Kita perlu cepat-cepat kan. Ini kan dari Zeni yang memang dididik dan ahli. Jadi agar lebih cepat dan efisien mereka yang dikerahkan untuk membangun," kata Agus di Graha BNPB Jakarta Timur pada Kamis (31/10/2019).

Agus menjelaskan, awal kerjasama dengan Mabes TNI tersebut dilakukan sejak Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo menjabat pada Januari 2019.

Agus mengatakan, saat itu Doni Monardo menilai pekerjaan pembangunan hunian tetap untuk korban bencana di Lombok relatif lambat.

Baca: Jaksa Dakwa Wawan Lakukan Pencucian Uang Hingga Rp 579 M

Karenanya, Doni Monardo menginisiasi untuk menjalin kerjasama dengan Mabes TNI untuk mengerahkan ribuan personel Zeni Konstruksi untuk membantu percepatan pembangunan hunian tetap yang jumlahnya mencapai sekira 170 ribuan rumah.

"Jadi ketika Pak Doni menjabat, dilihat kok pembangunannya lambat, jadi cari akal, salah satu caranya dengan mengerahkan zeni itu. Selain karena kurang tukang, ya teknisnya kan kadang bahan bangunannya sulit," kata Agus.

Penulis: Gita Irawan
Editor: Imanuel Nicolas Manafe
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved