BPIP Gelar Konser Kita Pancasila di TVRI

Tujuan kegiatan adalah untuk menggelorakan semangat Sumpah Pemuda melalui senandung menyatukan perbedaan lewat sentuhan melodi

BPIP Gelar Konser Kita Pancasila di TVRI
ISTIMEWA
Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menyelenggarakan konser “Kita Pancasila” di auditorium TVRI Jakarta. 

TRIBUNNEWS.COM,JAKARTA-Memperingati Hari Sumpah Pemuda tahun 2019, Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menyelenggarakan konser “Kita Pancasila” di auditorium TVRI Jakarta. Acara dihadiri oleh Plt. Kepala BPIP Prof Hariyono, Deputi Pengendalian dan Evaluasi BPIP Rima Agristina.

Direktur Sosialisasi Komunikasi dan Jaringan BPIP Aris Heru Utomo, DirekturUtama TVRI Helmi Yahya, Deputi Bidang Koordinasi Kebudayaan Kemenko PMK Nyoman Shuida, Dirjen IKP Kemenkominfo Widodo Muktiyo, beberapa ikon Prestasi Pancasila 2019, serta tamu undangan lainnya.

Tujuan kegiatan adalah untuk menggelorakan semangat Sumpah Pemuda melalui senandung menyatukan perbedaan lewat sentuhan melodi dan keindahan kreasi anak negeri.

Kegiatan menampilkan penyanyi-penyanyi muda Wizzy, Sruti Respati, Danang, Maria Calista, Robie Rock, JFlow dan Shana Shanon serta Edo Kondologit.

Baca: Tanggapi Pernyataan Ali Mochtar, Haikal Hassan dengan Lantang Akui Tak akan Bisa Memuji Jokowi

BPIP juga melibatkan para penerima IkonPrestasi Pancasila2019. Yaitu penari Irawati Durban, aktris kawakan Christine Hakim dan pekerja seni Butet Kertarajasa.

Acara dibuka dengan penampilan fragmen tari klasik Indonesia selama 10 menit karya Irawati Durban yang menggambarkan kedamaian, rusuh dan kembali damai serta indah.

Dengan apik Irawati menggabungkan beragam tari klasik dari berbagai daerah, seperti tari kupu-kupu dari tanah Sunda, tari topeng Cirebon, tari Rantak dari Sumatera Barat, lima orang gadis berpakaian Jawa membawa bendera merah putih dan kemudian mendeklarasikan Sumpah Pemuda 1928. Ditutup dengan tari giring-giring dari Kalimantan.

Acara disambung dengan pembacaan puis ioleh Christine Hakim yang membacakan puisi karya bapakProklamasi RI dan Presiden pertama RI IrSoekarno berjudul “Berpedomanlahp pada cita-cita” yang dikutip dari pidatoPresidenSoekarno pada pembukaan Konferensi Asia-Afrika 1955.

Baca: Gigi Tegas Bukan Pemeran Video Syur, Raffi Bandingkan Bagian Tubuh Istri : Nagita Lebih Mancung

Dengan suara mantap dan penekanan suara yang terukur, Chistine mengingatkan pesan-pesan Soekarno agar bangsa Indonesia terutama generasi muda berpedoman pada harapan dan ketetapan hari, berpedoman pada cita-cita dan berpedoman pada impian dan angan-angan.

Acara berlanjut dengan penampilan para penyanyi muda yang membawakan tembang-tembang apik yang menyuarakan semangat kebanggaan berbangsa dan bernegara seperti “BenderaMerahPutih”, “Garuda di dadaku”,dan “NyiurHijau”.

Halaman
12
Editor: Rachmat Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved