Selain Digital, Pembangunan Gedung Sekolah Juga Penting

Saat ini Ombudsman selama ini menampung keluhan dari masyarakat, soal kebijakan penerimaan siswa baru dengan sistem zonasi

Selain Digital,  Pembangunan Gedung Sekolah Juga Penting
Screenshoot Youtube Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Nadiem makarim terlihat nampak memakai baju adat Jawa Tengah, Beskap, dalam memimpin upacara Peringatan Sumpah Pemuda 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ombudsman meminta Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim memperhatikan perbaikan dan pembangunan gedung sekolah yang masih kurang.

Ini dilakukan untuk menjalankan kebijakan zonasi dan melengkapi fasilitas sekolah, seperti komputer dan internet, apalagi untuk daerah terpencil dan desa termasuk juga kawasan 3T - tertinggal, terdepan dan terluar.

"Jadi bukan hanya pendidikan digital saja tetapi juga perlu diperhatikan fasilitas dan prasarana sekolah,"  ujar Anggota Ombudsman, Ahmad Suadi dalam keterangannya di Jakarta, Kamis (31/10/2019).

Dikatakannya, saat ini Ombudsman selama ini menampung keluhan dari masyarakat, soal kebijakan penerimaan siswa baru dengan sistem zonasi.

Menurut Ahmad Suadi, tiap tahun selalu masuk keluhan masyarakat mengenai sistem zonasi.

Ahmad Suadi menambahkan, tidak hanya sistem zonasi.

Masyarakat mengeluh dengan kebijakan pemerintah yang memaksa siswa untuk melakukan ujian nasional menggunakan komputer, pada siswa yang sekolahnya belum punya fasilitas komputer atau didaerah terpencil yang belum ada jaringan internet sehingga siswa dari daerah terpencil harus menumpang ke sekolah lain untuk melaksanakan ujian nasional.

"Ada juga daerah yang belum terjangkau internet karena di daerah 3T. Untuk ujian harus menumpang di sekolah lain, ini memprihatinkan ya. Apalagi alokasi dana pendidikan di APBN sudah sedemikian besar," ujarnya.

Prof. Dr. Emil Salim ahli ekonomi dan Mantan Menteri Negara Urusan Kependudukan dan Lingkungan Hidup di masa Presiden Soeharto, mengatakan pendapatan negara, terutama pendapatan negara yang surplus, harus digunakan untuk pembangunan infrastruktur yang dirasakan langsung oleh banyak masyarakat.

“Bukan hanya asal bangun infratruktur saja,” paparnya.

Halaman
12
Editor: Eko Sutriyanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved