UNESCO Tetapkan Ambon sebagai Kota Musik dalam Peringatan World Cities Day Tahun 2019

Ambon menjadi satu-satunya kota di Indonesia yang diakui sebagai Kota Kreatif dan tergabung dalam UNESCO's Creative Cities Network.

UNESCO Tetapkan Ambon sebagai Kota Musik dalam Peringatan World Cities Day Tahun 2019
instagram.com/glennfredly309
UNESCO tetapkan Ambon sebagai Kota Musik Dunia 

TRIBUNNEWS.COM - Tanggal 31 Oktober diperingati UNESCO sebagai World Cities Day.

Dalam memperingati Worl Cities Day tahun 2019, Unesco menetapkan 66 kota di dunia sebagai Kota Kreatif.

Satu di antaranya adalah kota di Indonesia, yaitu Ambon.

Ambon menjadi satu-satunya kota di Indonesia yang diakui sebagai Kota Kreatif dan tergabung dalam UNESCO's Creative Cities Network atau Jaringan Kota Kreatif UNESCO.

Sebelumnya telah ada 246 kota dari seluruh dunia yang menjadi anggota jaringan ini.

Dikutip dari laman en.unesco.org, Audrey Azoulay selaku Dirjen UNESCO mengatakan kota-kota yang tergabung dalam Creative Cities Network ini nantinya akan bekerja sama untuk melakukan pengembangan yang berlandaskan kreatifitas. 

"Kota-kota dari seluruh dunia ini akan menggunakan budaya sebagai pilar dalam strateginya," ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Ambon, Syarif Halder menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu mewujudkan Ambon menjadi Kota Musik Dunia.

"Terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu mewujudkan Ambon sebagai Kota Musik Dunia. Semua ini tidak lepas dari peran Ambon Music Office, awak media, serta seluruh musisi yang ada di Kota Ambon maupun musisi berdarah Ambon Maluku yang ada di luar," katanya dalam konferensi pers di Balaikota, Kamis (31/10/2019) seperti yang diinformasikan pada ambon.go.id.

Direktur Ambon Music Office (AMO), Rony Loppies mengatakan Ambon hanya mendaftarkan diri sekali saja dan langsung disetujui dan ditetapkan sebagai kota kreatif versi UNESCO.

Rony menambahkan saat ini ada tiga kota di Indonesia yang dinobatkan sebagai kota kreatif UNESCO, di antaranya adalah Pekalongan, Bandung, dan Ambon sendiri.

 Halaman selengkapnya>>>

Penulis: Clarissa Fauzany Priastuti
Editor: Lita Andari Susanti
Sumber: Tribun Palu
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved