Sosok Sekretaris Daerah Memegang Kunci Pemerintahan

Menurut dia, Sekda harus dapat memahami apa keinginan daerah sekaligus apa keinginan masyarakat.

Sosok Sekretaris Daerah Memegang Kunci Pemerintahan
tribunstyle
ilustrasi PNS 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Glery Lazuardi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Posisi Sekretaris Daerah (Sekda) memegang peranan penting dalam penyelenggaraan suatu pemerintahan daerah. Untuk itu, Sekda idealnya dapat meyakinkan gubernur soal kebijakan yang akan dikeluarkan.

"Bagaimana mampu meyakinkan gubernur kebijakan tidak berakibat fatal dengan masyarakat dan berakibat fatal secara politik. Sehingga gubernur tidak salah arah dalam mengambil keputusan, apalagi ketika politik interes sangat tinggi," kata pengamat politik, Asrin, Jumat (1/11/2019).

Menurut dia, Sekda harus dapat memahami apa keinginan daerah sekaligus apa keinginan masyarakat.

Selain itu, kata dia, peran profesionalitas Sekda dipertaruhkan, karena terkadang, kepentingan daerah dipengaruhi kepentingan politis, sehingga berdampak pada masyarakat.

"Jika Sekda hanya sebagai tukang ketik, maka bangkrut negara ini. Pemda ini bangkrut. Kita berharap Sekda ke depan cerah dan bisa memberikan pertimbangan pada gubernur," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Umum Gerakan Pemuda Islam Indonesia, Karman BM, mengatakan posisi Sekda pada suatu titik akan mengalami dilema.

Pada satu sisi, dia menilai, Sekda harus pasang badan ketika gubernur dikritik, di sini lain Sekda "tidak boleh" lebih pintar dari gubernur, khususnya saat di pemerintah pusat.

"Sekda di waktu tertentu tidak boleh lebih pintar dari pimpinan, tetapi ketika gubernur dikritik yang pasang badan adalah Sekda," kata dia.

Dia menambahkan sekda juga harus siap menjadi pengawal bagi gubernur ketika mendapat respon negatif terhadap kinerjanya.

Halaman
12
Penulis: Glery Lazuardi
Editor: Malvyandie Haryadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved