Jadi Ketua BKSAP, Fadli akan Fokus soal Isu Papua

Wakil Ketua Umum Gerindra Fadli Zon telah dilantik menjadi Ketua Badan Kerjasama Antar Parlemen (BKSAP) DPR,

Jadi Ketua BKSAP, Fadli akan Fokus soal Isu Papua
Tribunnews.com/Chaerul Umam
Fadli Zon. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Ketua Umum Gerindra Fadli Zon telah dilantik menjadi Ketua Badan Kerjasama Antar Parlemen (BKSAP) DPR, pada Senin (4/11/2019).

Dengan jabatan barunya tersebut, Fadli mengaku akan fokus pada diplomasi mengenai isu Papua.

"Tentu saja utamakan kepentingan nasional dan negara. Hakekat politik luar negeri adalah kepentingan nasional, termasuk Isu-isu yang akan kami dukung diplomasi terkait isu Papua, kita punya forum yang disebut Indonesia-Pacifc Parlementary Partnership," ujar Fadli di Kompleks Parlemen, Senyan, Jakarta, Senin, (4/11/2019).

Baca: Lama Tak Terlihat setelah Tak Lagi Jabat Wakil Ketua DPR, Fadli Zon: Saya Puasa Bicara Sebulan

Baca: Fadli Zon Dilantik Sebagai Ketua BKSAP

Selian itu BKSAP juga akan melanjutkan pencapaian program berkelanjutan, atau Sustainable Development Goals (SDGs) yang telah ditetapkan PBB.

Ada 17 tujuan dengan 169 capaian yang terukur dan tenggat yang telah ditentukan oleh PBB sebagai agenda dunia pembangunan untuk kemaslahatan manusia.

"Selain itu juga soal isu-isu kawasan perbatasan, regional, konflik-konflik, human right, termasuk soal Palestina dan juga masyarakat-masyarakat tertindas, sesuai aspirasi masyarakat,"katanya.

Dalam waktu dekat Fadli mengatakan, BKSAP akan turut dalam konferensi Global Organization of Parliamentarians Against Corruption (GOPAC).

Fadli Zon.
Fadli Zon. (Chaerul Umam/Tribunnews.com)

"Saya kan kebetulan presiden dari organisasi parlemen dunia anti-korupsi, masa jabatan saya berakhir Desember ini, besok saya berangkat ke Doha untuk MoU dengan parlemen Qatar dan bulan depan ada konferensi parlemen dunia anti korupsi di Doha, selain itu ada agenda-agenda multilateral dan agenda regional di bulan Januari," pungkasnya.

Penulis: Taufik Ismail
Editor: Sanusi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved