Kabinet Jokowi

Satu Kursi Wamen Masih Kosong, Jokowi Belum Putuskan Siapa Pendamping Nadiem Makarim

12 wakil menteri sudah diumumkan dan dilantik oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), namun masih tersisa satu posisi yang belum terisi.

Satu Kursi Wamen Masih Kosong, Jokowi Belum Putuskan Siapa Pendamping Nadiem Makarim
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Presiden Joko Widodo berjabat tangan dengan Mendikbud-Dikti Nadiem Makarim usai pelantikan Menteri Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara, Jakarta, Rabu (23/10/2019). Presiden Joko Widodo resmi melantik 34 Menteri, 3 Kepala Lembaga Setingkat Menteri, dan Jaksa Agung untuk Kabinet Indonesia Maju. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

TRIBUNNEWS.COM - 12 wakil menteri sudah diumumkan dan dilantik oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), namun masih tersisa satu posisi yang belum terisi.

Posisi disiapkan Jokowi untuk membantu kerja Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim.

Dikutip dari laman Kompas.com, pada 24 Oktober 2019, Jokowi telah menandatangani Peraturan Presiden (Perpres).

Peraturan Presiden Nomor 72 Tahun 2019 mengatur tentang Kemendikbud. 

Di dalam Perpres tersebut terdapat dua tugas Wakil Menteri (Wamen) Kemendikbud. 

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Anwar Makarim memberikan kata sambutan usai serah terima jabatan (sertijab) di Gedung Kemendikbud, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (23/10/2019). Nadiem Makarim resmi ditunjuk Presiden Joko Widodo sebagai Menteri Pendidikan, Kebudayaan, dan Pendidikan Tinggi (Mendikbud Dikti) pada Kabinet Indonesia Maju 2019-2024. Tribunnews/Jeprima
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Anwar Makarim memberikan kata sambutan usai serah terima jabatan (sertijab) di Gedung Kemendikbud, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (23/10/2019). Nadiem Makarim resmi ditunjuk Presiden Joko Widodo sebagai Menteri Pendidikan, Kebudayaan, dan Pendidikan Tinggi (Mendikbud Dikti) pada Kabinet Indonesia Maju 2019-2024. Tribunnews/Jeprima (Tribunnews/Jeprima)

Pertama, Wamen Kemendikbud memiliki tugas membantu menteri dalam perumusan dan pelaksanaan kebijakan Kementerian.

Kedua wamen dituntut untuk mengoordinasikan pencapaian kebijakan strategis lintas-unit organisasi jabatan pimpinan tinggi madya atau eselon I.

Namun hingga saat ini belum diketahui siapa yang akan mendampingi Nadiem dalam Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024.

Sekertaris Negara, Pratikno mengatakan adanya perpres tersebut membuat Nadiem dapat memiliki Wamendikbud.

Pratikno juga membenarkan Jokowi telah menyiapkan posisi wamen untuk Nadiem.

Halaman
123
Penulis: Isnaya Helmi Rahma
Editor: Siti Nurjannah Wulandari
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved