Komisioner Komnas HAM Choirul Anam: Polri Butuh Sosok Kabareskrim Mumpuni

"Penyesuain prespektif, pendekatan dan metode kerja. Karena adanya perubahan dan dinamika hukum, butuh sosok intelektual yang dapat

Komisioner Komnas HAM Choirul Anam: Polri Butuh Sosok Kabareskrim Mumpuni
TRIBUNNEWS/ILHAM RIAN
Komisioner Komnas HAM Muhammad Choirul Anam 

TRIBUNNEWS.COM,JAKARTA-Pemilihan Kabareskrim menjadi hal penting penting bagi Kapolri baru, Jenderal Pol Idham Azis. Komisioner Komnas HAM Muhammad Choirul Anam mengungkap dua hal terkait siapa yang menurutnya layak menjadi Kabareskrim.

"Prestasi kabareskrim juga akan menjadi catatan baik bagi kepolisian secara keseluruhan di mata masyarakat. Karena reskrim yang berhadapan langsung dengan mastarakat,khususnya pencari keadilan. Reskrim akan menjadi wajah sehari hari institusi kepolisian, dimata masyarakat," ungkap Anam kepada tribunnews.com, Rabu (6/11/2019).

Baca: Kabareskrim Pengganti Idham Azis Dilakukan Minggu Depan, 2 Nama Mencuat

"Yang kedua ,banyak pekerjaan penegakan hukum yang berubah paradigma,pendekatan dan metode kerja. Seeiring perubahan dan dinamika hukum yang berkembang. Sehingga dibutuhkan sosok Kabareskrim yang mumpuni," lanjutnya.

Baca: Tidak Jadi Hari Ini, Idham Azis akan Tunjuk Kabareskrim Baru Minggu Depan

Sosok kata Anam lagi, yang bisa mengkonsolidasikan internal dengan baik. Termasuk bisa berkomunikasi baik dengan masyarakat dan berbagai tokoh tanpa ada beban atau sekat apapun. Ini menurutnya menjadi hal penting tuk memastikan seluruh pekerjaan reskrim maksimal.

Dalam konteks ini, sarannya sosok senior menjadi lebih baik karena jam terbang konsolidasi dan komunikasinya teruji. Sosok calon kabareskrim juga harus memiliki backgroud intelektualitas yang baik,berpikir terbuka akan perubahan dan dinamika hukum.

Baca: Mantan Ajudan Jokowi dan Kapolda Metro Jaya Disebut-sebut Jadi Calon Kabareskrim

"Penyesuain prespektif, pendekatan dan metode kerja. Karena adanya perubahan dan dinamika hukum, butuh sosok intelektual yang dapat menangkap perubahan. Dan menerapkannya dengan baik," katanya.

Perubahan dinamika ini, lanjut Anam lagi juga membutuhkan sosok yang mengerti perencanan kelembagaan di intitusi kepolisian. Background pengetahuan terkait desain tata kelola dan arah perencanaan, menjadi nilai plus bagi sosok calon kabareskrim.

Baca: Mukjizat dari Allah SWT dan Pengabdian Terbaik Jenderal Idham Azis

Kesinambungan perencanaan strategis intitusi dan penguasaan materi perencaan akan memastikan bangunan kepolisian kedepan sesuai yang direncanakan.

Baca: Sertijab Kapolri Digelar Pagi Ini, Tito Karnavian Beri Ucapan Selamat untuk Idham Azis

"Sosok yang cocok bagi calon Kabareskrim juga penting dilihat pengalaman ditempa oleh berbagai kondisi yang high profile. Baik terkait situasi keamanan, kasus, maupun kebijakan . Semoga dengan calon Kabareskrim baru yang mumpuni , ada perbaikan penegakan hukum di indonesia," harap Anam.

Editor: Rachmat Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved