Hari Pahlawan

Agenda Hari Pahlawan 10 November 2019 di Indonesia & Luar Negeri, Ada Penganugerahan Gelar Pahlawan

Hari Pahlawan merupakan momen bersejarah bagi Indonesia yang diperingati melalui berbagai kegiatan utama, pokok, dan penunjang, Minggu(10/11/2019).

Agenda Hari Pahlawan 10 November 2019 di Indonesia & Luar Negeri, Ada Penganugerahan Gelar Pahlawan
Kompas.com
Selamat Hari Pahlawan, Minggu(10/11/2019). 

TRIBUNNEWS.COM – Hari Pahlawan merupakan momen bersejarah bagi Indonesia yang diperingati melalui berbagai kegiatan utama, pokok, dan penunjang pada Minggu, 10 November 2019. 

Kegiatan tersebut seperti upacara bendera di masing-masing daerah, ziarah ke makam pahlawan, dan penghargaan gelar pahlawan.

Peringatan yang jatuh setiap tanggal 10 November itu tidak hanya dilakukan di dalam negeri, namun juga luar negeri.

Hari Pahlawan perlu diperingati karena pada tanggal tersebut rakyat dengan penuh semangat bersatu padu mengusir penjajah yang berniat mengambil kekuasaan di Indonesia.

Pada peristiwa di Surabaya 1945, banyak korban berjatuhan.

Baca: 20 Ucapan Selamat Hari Pahlawan Cocok untuk Update di Medsos Instagram hingga WahatsApp

Baca: MISTERI Surat Perintah Revisi Supersemar yang Dikeluarkan Soekarno, Namanya Surat Perintah 13 Maret

Sehingga untuk  mengenang kembali jasa dan perjuangan para pahlawan, diperingatilah Hari Pahlawan dengan berbagai agenda oleh seluruh elemen masyarakat baik di dalam maupun luar negeri.

Namun, yang utama adalah bagaimana dapat mengambil pelajaran dan maknanya untuk diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Seusai melakukan Upacara Bendera, Keluarga Wage Rudolf Soepratman, Penggiat Sejarah, Pemerhati Seni Budaya, Mahasiswa dan Siswa melakukan tabur bunga di Makam WR Soepratman, Sabtu (9/3/2019). Peringatan Hari Pahlawan ini sekaligus mengenang jasa Pahlawan Nasional Wage Rudolf Soepratman sebagai pencipta lagu
Seusai melakukan Upacara Bendera, Keluarga Wage Rudolf Soepratman, Penggiat Sejarah, Pemerhati Seni Budaya, Mahasiswa dan Siswa melakukan tabur bunga di Makam WR Soepratman, Sabtu (9/3/2019). Peringatan Hari Pahlawan ini sekaligus mengenang jasa Pahlawan Nasional Wage Rudolf Soepratman sebagai pencipta lagu "Indonesia Raya". (TRIBUNJATIM.COM)

Dikutip dari Pedoman Hari Pahlawan Tahun 2019  halaman 8 sampai 10 menjelaskan, berbagai kegiatan utama, pokok dan penunjang di Indonesia dan Luar Negeri.

Berikut acara Hari Pahlawan pada Minggu, 10 November 2019 yang dilansir dari laman resmi kemsos.go.id :

1. Kegiatan di Pusat

Halaman
1234
Penulis: Suci Bangun Dwi Setyaningsih
Editor: Miftah
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved