Mensesneg Ungkap Jabatan Wakil Panglima TNI Pernah Diusulkan Moeldoko Saat Era SBY

Menteri Sekretaris Negara Pratikno angkat bicara terkait dihidupkannya kembali jabatan Wakil Panglima TNI.

Mensesneg Ungkap Jabatan Wakil Panglima TNI Pernah Diusulkan Moeldoko Saat Era SBY
Theresia Felisiani
Mensesneg Pratikno, Sabtu (1/6/2019) di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com Theresia Felisiani

TRIBUNNEWS.COM, BOGOR - Menteri Sekretaris Negara Pratikno angkat bicara terkait dihidupkannya kembali jabatan Wakil Panglima TNI.

"Memang presiden sudah menandatangani Perpres 66 tahun 2019 tentang Susunan Organisasi TNI. Menurut saya ini sesuatu yang sangat wajar dan sangat diperlukan," kata Pratikno di Istana Bogor, Jawa Barat, Kamis (7/11/2019) petang.

Pratikno menjelaskan usulan tersebut bukan muncul begitu saja pada era Presiden Jokowi.

Jauh sebelumnya saat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menjadi presiden usulan tersebut sudah ada.

Baca: Jokowi Teken Perpres Hidupkan Posisi Wakil Panglima TNI, Sosoknya Dipilih Marsekal Hadi Tjahjanto

Ketika itu, yang menjadi Panglima TNI adalah Moeldoko dan Moeldoko lah ‎yang menyarankan pada SBY perlunya posisi wakil panglima untuk mengisi kekosongan pimpinan jika Panglima melakukan kunjungan kerja.

"Usulan bukan muncul begitu saja. Zamannya Pak Moeldoko menjadi Panglima TNI usulan juga sudah ada mengenai pentingnya ada wakil panglima TNI," tutur Pratikno.

Baca: Presiden Jokowi Akan Anugerahkan Gelar Pahlawan Nasional Kepada Enam Tokoh

Pratikno melanjutkan posisi wakil panglima diyakini akan sangat membantu panglima untuk urusan teknis organisasi terutama ketika Panglima ke luar negeri, dan lainnya sehingga tidak harus kemudian pekerjaan dilimpahkannya kepada Kepala Staf.

"Ini juga seperti tercantum di dalam Perpres tersebut, Wakil Panglima ini membantu Panglima TNI. Selain itu kalau kita bandingkan dengan lembaga lain, Kapolri kan juga ada wakil kapolri, jaksa agung juga ada. Demikian juga halnya dengan kepala staf," tambahnya.

Baca: Moeldoko Bakal Miliki Wakil Kepala Staf Kepresidenan

Untuk diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghidupkan kembali jabatan wakil panglima TNI, dengan menandatangani Paraturan Presiden (Perpres) Nomor 66 Tahun 2019 tentang Susunan Organisasi Tentara Nasional Indonesia.

Penekanan keberadaan wakil panglima TNI ada dalam pasal 13 ayat (1) dengan bunyi Markas Besar TNI meliputi unsur pimpinan terdiri atas, Panglima dan Wakil Panglima.

Berdasarkan perpres ini, jabatan wakil panglima TNI ditujukan untuk perwira tinggi dengan pangkat jenderal atau bintang empat.

Penulis: Theresia Felisiani
Editor: Adi Suhendi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved