Kapolri Idham Azis akan Tunjuk Kabareskrim, PP Muhammadiyah: Sebaiknya Sosok yang Dekat Ulama

Kata Faiz, pertama yang mendapatkan imbas dari kebijakan Kabareskrim yang baru adalah umat Islam.

TRIBUN/IQBAL FIRDAUS
Kapolri Jendral Pol Idham Azis di ruang konferensi pers kantor Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jakarta Selatan, Senin (4/11/2019). 

TRIBUNNEWS.COM - Kapolri Jenderal (Pol) Idham Azis akan menunjuk sosok untuk mengisi jabatan Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim).

Menanggapi hal itu, Wakil Ketua Majelis Pendidikan Kader PP Muhammadiyah, Dr M Faiz Rafdhi Chusnan MKom Idham Azis memilih sosok yang dekat ulama.

Ia berharap Idham menempatkan sosok yang profesional dan memahami kultur keragaman Indonesia.

Idham diminta mengisi jabatan Kabareskrim dengan perwira yang memahami, mengerti dan dekat dengan umat Islam.

Sebab, kata Faiz, pertama yang mendapatkan imbas dari kebijakan Kabareskrim yang baru adalah umat Islam.

"Maka, sebaiknya Kabareskrim diisi oleh sosok yang mengerti, memahami dan dekat dengan umat Islam, dan khususnya ulama atau tokoh-tokoh ormas Islam, karena ulama yang paham terhadap kebutuhan umat," kata Faiz kepada Kompas.com melalui pernyataan tertulis, Kamis (7/11/2019).

Menurutnya, jika kabareskrim yang baru tidak mampu memahami kebutuhan rakyat, khususnya umat Islam sebagai penduduk mayoritas, maka dikhawatirkan tindakan-tindakan yang diambil merugikan umat.

"Apalagi, dalam penanganan radikalisme dan terorisme, selama ini terkesan represif. Tentu merugikan umat, juga pemerintah," kata ketua STMIK Muhammadiyah Jakarta ini.

Jika kabareskrim memahami kebutuhan umat Islam, lanjut Faiz, maka penanganan radikalisme akan dilakukan lebih lembut, sehingga mampu menyelesaikan akar masalah dengan tepat dan cermat.

Dalam kesempatan itu Faiz juga mengucapkan selamat kepada Idham yang baru saja diangkat menjadi Kapolri menggantikan Jenderal (Pol) Tito Karnavian.

Idham meninggalkan pos lamanya sebagai Kabareskrim.

Sebelumnya, Deputi Koordinator Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (Kontras) Ferry Kusuma berharap Idham menempatkan sosok yang tepat untuk jabatan Kabareskrim Polri, salah satunya adalah perwira yang bisa berkomunikasi dengan semua kalangan, termasuk tokoh agama.

"Kabareskrim harus orang yang tepat, dan bisa komunikasi yang baik dengan multi stakeholder di pemerintahan maupun di kalangan masyarakat. Termasuk dengan tokoh-tokoh agama," kata Ferry saat dihubungi, Kamis (7/11/2019). (Kompas.com)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "PP Muhammadiyah: Sebaiknya Kabareskrim Diisi Sosok yang Dekat Ulama"

Berita Populer
Editor: Ifa Nabila
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved