Surya Paloh Ingin Antar Partai Saling Merangkul: Jangan Musuhi Teman, Itu Baru Pancasila

Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh ingin antar partai merangkul semua, tidak saling bermusuhan, menurutnya itu yang dinamakan pancasilais.

Surya Paloh Ingin Antar Partai Saling Merangkul: Jangan Musuhi Teman, Itu Baru Pancasila
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh memberikan arahan saat menghadiri Kongres II dan Hut ke-8 Partai Nasdem di Jakarta, Jumat (8/11/2019). Kongres II Partai Nasdem tersebut mengambil tema 'Restorasi Untuk Indonesia Maju'. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

TRIBUNNEWS.COM - Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh mengatakan tidak seharusnya ada partai yang menganggap musuh pada partai yang berseberangan dengan partainya.

Hal itu Surya Paloh sampaikan saat memberi sambutan di Kongres Ke-2 Partai Nasdem, Jumat (8/11/2019) di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta.

Menurutnya, partai tersebut seharusnya merangkul semua partai, baik yang searah maupun yang berseberangan.

"Kalau Nasdem mau dikenal partai pancasilais, pertama rendah hati, rangkul teman, salam teman, tawarkan pikiran kepada teman," ujar Surya, dikutip dari Kompas.com, Kamis (8/11/2019).

Baca: Surya Paloh Tegaskan NasDem-PDIP Bersahabat

Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh (kiri) berpelukan dengan Presiden PKS Sohibul Iman (kanan) usai mengadakan pertemuan di Kantor DPP PKS, Jakarta, Rabu (30/10/2019). Pertemuan tersebut dalam rangka silaturahmi kebangsaan dan saling menjajaki untuk menyamakan pandangan tentang kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh (kiri) berpelukan dengan Presiden PKS Sohibul Iman (kanan) usai mengadakan pertemuan di Kantor DPP PKS, Jakarta, Rabu (30/10/2019). Pertemuan tersebut dalam rangka silaturahmi kebangsaan dan saling menjajaki untuk menyamakan pandangan tentang kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN (TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN)

Pimpinan Nasdem itu kembali menegaskan bahwa partai politik tidak boleh bermusuhan, harus berdasar nilai pancasila.

"Jangan musuhi teman. Itu baru Pancasila. Kalau tidak dijalankan yang paling menangis proklamator bangsa ini," lanjut dia.

Surya Paloh berujar jika sebuah partai seharusnya menggunakan nilai-nilai pancasila sebagai pegangan, dan juga harus dilaksanakan.

"Pancasila sebagai pegangan hidup kita, way of life, way of thinking, tapi kita tidak laksanakan itu. Ngakunya punya partai yang nasionalis, partai yang pancasilais, ya buktikan saja," ungkapnya, melihat tayangan YouTube KOMPASTV (9/11/2019).

Dirinya kembali menambahkan, jika ada partai yang mengundang perkelahian antar partai, pasti partai itu bukan pancasilais.

"Kalau partai yang masih mengundang cynical propaganda yang kosong, mengajak berkelahi satu sama yang lainnya, ah yang pasti itu bukan pancasilais itu," lanjut Surya.

Baca: NasDem Akan Bertemu PAN dan Demokrat Akhir November

Halaman
12
Penulis: Nuryanti
Editor: Tiara Shelavie
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved