Prakiraan Cuaca

BMKG: Peringatan Dini Cuaca Buruk, Daftar Wilayah Waspada Hujan Lebat Selama 11-17 November 2019

BMKG merilis peringatan dini cuaca buruk selama sepekan dari 11-17 November 2019. Waspadai potensi hujan lebat di sejumlah wilayah ini.

BMKG: Peringatan Dini Cuaca Buruk, Daftar Wilayah Waspada Hujan Lebat Selama 11-17 November 2019
Science Daily
Ilustrasi hujan petir - BMKG: Peringatan Dini Cuaca Buruk, Daftar Wilayah Waspada Hujan Lebat Selama 11-17 November 2019 

BMKG merilis peringatan dini cuaca buruk selama sepekan dari 11-17 November 2019. Waspadai potensi hujan lebat di sejumlah wilayah ini.

TRIBUNNEWS.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis informasi peringatan dini selama sepekan, mulai Senin (11/11/2019) hingga Minggu (17/11/2019).

Selama sepekan ini, sejumlah daerah berpotensi mengalami hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang.

BMKG mengimbau masyarakat, agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan akibat cuaca buruk ini.

Sebut saja banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin.

Cuaca buruk yang melanda sejumlah wilayah Indonesia, disebabkan melemahnya intensitas Siklon tropis Nakri di Laut China Selatan.

Baca: BMKG: Peringatan Dini Besok Selasa 12 November 2019, Wilayah Berpotensi Hujan Petir & Angin Kencang

Awan hitam tebal menggantung di atas kawasan Simpang Lembuswana, Kota Samarinda, Kalimantan Timur, Senin (10/6/2019). Kondisi cuaca buruk menjadi salah satu penyebab banjir di Kota Samarinda selama beberapa hari terakhir ini selain meluapnya Sungai Mahakam akibat air pasang.
Awan hitam tebal menggantung di atas kawasan Simpang Lembuswana, Kota Samarinda, Kalimantan Timur, Senin (10/6/2019). Kondisi cuaca buruk menjadi salah satu penyebab banjir di Kota Samarinda selama beberapa hari terakhir ini selain meluapnya Sungai Mahakam akibat air pasang. (Tribun Kaltim/Fachmi Rachman)

Kondisi ini menyebabkan angin timuran di selatan ekuator turut mengalami pelemahan dan dapat meningkatkan aliran massa udara basah dari Asia masuk ke wilayah Indonesia.

Dikutip dari portal BMKG, daerah pertemuan dan belokan angin diidentifikasi terbentuk di wilayah Sumatera, Kalimantan, dan Jawa.

Kondisi atmosfer yang tidak stabil di sebagian besar wilayah tersebut juga turut mendukung pertumbuhan awan hujan yang cukup signifikan dalam periode sepekan ke depan.

BMKG memprakirakan dalam sepekan ke depan curah hujan dengan intensitas lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang berpotensi terjadi di beberapa wilayah sebagai berikut ini.

Baca: Info BMKG: Peringatan Dini Hujan Lebat Disertai Angin Kencang & Petir Besok, Selasa 12 November

Halaman
123
Penulis: Sri Juliati
Editor: Miftah
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved