Januari, Prabowo akan Beberkan Rencana Program Pertahanan kepada Jokowi

Prabowo Subianto akan mempresentasikan rencana program pertahanan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Januari 2020.

Januari, Prabowo akan Beberkan Rencana Program Pertahanan kepada Jokowi
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengikuti rapat di kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (11/11/2019). Rapat bersama antara DPR dan Kementerian Pertahanan (Kemhan) membahas rencana kerja Kemhan tahun 2020 beserta dukungan anggarannya. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto akan mempresentasikan rencana program pertahanan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Januari 2020.

Hal itu diungkapkan prabowo usai rapat kerja dengan Komisi I DPR RI di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin, (11/11/2019).

Baca: Menhan Prabowo Rapat Kerja Bersama Komisi I DPR RI, Sjarifuddin Hasan: Alutsista Rangking 35 Dunia

Baca: Menhan Prabowo Menyerukan Tekadnya Membangun Kekuatan Pertahanan Indonesia

Baca: Sebut Strategi Tak Boleh Didasarkan atas Doa, Prabowo: Maaf, tapi Saya Perumus Kebijakan Pertahanan

"Jadi kita akan segera dalam bulan Desember ini, untuk sedapatnya kita rumuskan kita mutakhirkan doktrin pertahanan kita, strategi pertahanan kita, dan konsepsi penyelenggaraan gelar pertahanan kita dan pada saatnya nanti bulan Januari tentunya kita akan mempresentasikan kepada presiden," ujar Prabowo.

Sebelum mempresentasikan rencana program pertahanan kepada Presiden Jokowi, Kementerian Pertahanan akan terlebih dahulu mengundang Komisi I DPR.

Masukan dari Komisi I, serta lembaga negara lainnya di bidang keamanan akan dipadupadankan dalam rumusan strategi pertahanan Indonesia.

Baca: Prabowo Subianto Sampaikan Kelemahan Pertahanan Indonesia, Singgung Wartawan sambil Lihat Sekitarnya

Baca: Prabowo Subianto Beberkan Filosofi yang Jadi Pegangannya sebagai Menhan, Singgung Kesiapan Berperang

Baca: Saat Adian Napitupulu Bantu Effendi Simbolon Saat Terjadi Perdebatan dengan Prabowo di DPR

"Jadi saya kira ini satu awal kerjasama yang baik. Jadi saya sangat berterima kasih kepada Komisi I, saya juga puas dan saya juga akan mengundang komisi I untuk ikut serta dalam kegiatan Kemenhan, di bulan bulan yang akan datang," katanya.

Secara keseluruhan Prabowo mengaku sangat puas dengan rapat kerja dengan Komisi I.
Menurutnya DPR memberikan perhatian khusus kepada masalah pertahanan Indonesia.

Bersama Komisi I, Kemenhan telah melakukan pembahasan mendalam soal postur anggaran pertahanan, potensi ancaman, serta industri pertahanan.

"Yang kemudian akan kita rumuskan bersama dengan lembaga lembaga lain pemerintah, sebagai contoh dengan BIN dengan BAIS, kepolisian negara, dengan kementerian luar negeri kita juga membahas secara mendalam tentang industri pertahanan, kita bisa mandiri di bidang pertahanan, kita sangat optimis," pungkasnya.

Penulis: Taufik Ismail
Editor: Sanusi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved