Presiden Jokowi Resmikan Tol Terpanjang di Indonesia

Presiden Joko Widodo meresmikan Jalan Tol Trans Sumatra ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung. Acara peresmian terpusat di Gerbang Tol.

Presiden Jokowi Resmikan Tol Terpanjang di Indonesia
Trans Sumatera
Presiden Joko Widodo meresmikan Jalan Tol Trans Sumatra, Acara Peresmian terpusat di Gerbang Tol Simpang Pematang Kilometer 240, Lampung Jumat (15/12/2019) siang 

TRIBUNNEWS.COM - Presiden Joko Widodo meresmikan Jalan Tol Trans Sumatra ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung, Jumat (15/12/2019) siang. Acara peresmian terpusat di Gerbang Tol Simpang Pematang Kilometer 240, Kabupaten Mesuji, Provinsi Lampung.

Panjang Jalan Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung ini mencapai 189 km. Tol ini merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Sumatra yang terbentang dari Lampung hingga Aceh dengan panjang 2.818 km.

Baca: Presiden Jokowi: Ketersediaan Infrastruktur Menjadi Pondasi Indonesia Menuju Negara Maju

Dengan panjang 189 km, Jalan Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung pun menjadi tol terpanjang di Indonesia. Panjang Jalan Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung ini di atas Jalan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar yang juga berada di Lampung dengan panjang 140,7 km.

Presiden Jokowi bertolak ke Lampung dengan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 pada Jumat pagi pukul 08.10 WIB dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta. Presiden Jokowi didampingi Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri BUMN Erick Thohir, serta Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono.

Kemudian Sekretaris Militer Presiden Mayjen TNI Suharyanto, Komandan Paspampres Mayjen TNI Maruli Simanjuntak, Sekretaris Pribadi Presiden Anggit Nugroho, Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin, serta Staf Khusus Presiden M Fadjroel Rachman.

Tiba di Bandar Udara Radin Inten II, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung, Presiden Jokowi disambut langsung oleh Gubernur Lampung Arinal Djunaidi dan Kapolda Lampung Irjen Pol Purwadi Arianto. Sebelum menuju Kabupaten Mesuji, tempat dilaksanakannya peresmian Jalan Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung, Presiden Jokowi terlebih dahulu ke Kota Bandar Lampung. Ia melakukan inspeksi mendadak ke Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Moeloek, didampingi Gubernur Lampung Arinal Djunaidi.

Presiden Jokowi bertolak ke Mesuji menjelang siang. Setibanya, ia menunaikan Salat Jumat di Masjid Agung Al-Muhajirin, Simpang Pematang. Setelah itu, Presiden Jokowi meresmikan Jalan Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung.

Makna

Dalam peresmian, Presiden Jokowi menyatakan Tol Terpeka merupakan tol terpanjang yang ia resmikan. Tol Terpeka, papar dia, akan tersambung ke Palembang, Sumatra Selatan. Kemudian ke Betung, Kabupaten Banyuasin, Sumsel.

"Nanti akan disambung lagi dari Kayuagung ke Palembang, dan Palembang ke Betung, Banyuasin," ujarnya.

Halaman
123
Editor: Content Writer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved