Soal Rencana Pembangunan Ibu Kota Baru, Luhut: Akhir Tahun Depan atau Awal 2021

pembangunan konstruksi di ibu kota yang baru tepatnya di Kalimantan Timur akan segera dilakukan paling lambat awal tahun 2021.

Soal Rencana Pembangunan Ibu Kota Baru, Luhut: Akhir Tahun Depan atau Awal 2021
Tribunnews/Irwan Rismawan
Luhut Binsar Panjaitan 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Rencana pemindahan ibu kota negara mulai dikebut. Instansi- instansi pemerintahan yang terkait terus berkoordinasi.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut B Pandjaitan memastikan, pembangunan konstruksi di ibu kota yang baru tepatnya di Kalimantan Timur akan segera dilakukan paling lambat awal tahun 2021.

"Ya kita berharap akhir tahun depan atau awal tahun 2021," kata Luhut usai Rapat Pembahasan Panitia Antar Kementerian (PAK) dan Harmonisasi Draft Perpres tentang Badan Otorita Pesiapan, Pemindahan, dan pembangunan Ibu Kota Negara di Kantor Bappenas, Jakarta, Jumat (15/11/2019).

Baca: Tindak Lanjuti PKS, Dinas ESDM Prov Kaltim Sambangi PPSDM Geominerba

Baca: Ahok Akan Jadi Bos BUMN, Budi Gunadi: Presiden Tahu Mana yang Bisa Bangun BUMN

Baca: Ahok Akan Jadi Bos BUMN, Ini Bocorannya Menurut Luhut

Apabila persiapan pemindahan ibu kota baru sudah mulai matang, dari master plan hingga payung hukumnya maka finalisasi pembangunan diperkirakan akan selesai 2025.

"Tadi mempersiapkan semua perencanaan pemindahannya. Kita sepakat, semua harus selesai dalam setahun (master plan, aturannya) sehingga pembangunan itu kan tiga tahun cukup," ucapnya.

Soal badan otoritas yang menangani proses pemindahan ibu kota baru sedang tahap pembentukan. Namun, Luhut berharap pembentukan badan otoritas segera dibentuk demi mencapai target waktu yang telah ditargetkan.

"Itu sudah jalan dan sedang dikerjain. Pak Suharso (Menteri Bappenas) akan laporan ke presiden. Ya harus cepat, karena kita berpacu dengan waktu," ujarnya.

Sementara itu, Menteri Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Suharso Monoarfa membenarkan, bahwa Badan Otoritas sedang tahap persiapan. Dan rencananya pembentukan badan otoritas akan terbentuk akhir tahun 2019.

"Badan Otorita masih tahap persiapan. Mudah-mudahan akhir tahun ini selesai," katanya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Luhut soal Pembangunan Ibu Kota Baru: Akhir Tahun Depan atau Awal 2021"

Editor: Sanusi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved