Pemindahan Ibu Kota Negara

Tol Pertama di Ibu Kota Baru Mendekati 100%, Jadi Cikal Bakal Pembangunan

Proyek pembangunan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda hampir selesai. Jalan tol tersebut akan menjadi cikal bakal pembangunan ibu kota baru.

Tol Pertama di Ibu Kota Baru Mendekati 100%, Jadi Cikal Bakal Pembangunan
TRIBUN KALTIM/FACHMI RACHMAN
Lahan Tahura Bukit Soeharto yang berada di sisi timur titik KM 35 Jalan Tol Balikpapan Samarinda, Selasa (7/5/2019). Presiden Joko Widodo dan rombongan meninjau lokasi Tahura Bukit Soeharto yang ditawarkan Pemprov Kaltim untuk menjadi lokasi Ibukota Negara yang baru. TRIBUN KALTIM/FACHMI RACHMAN 

TRIBUNNEWS.COM - Proyek pembangunan Jalan Tol Balikpapan - Samarinda hampir selesai.

Rampungnya pembangunan tol ini diharapkan mampu mendasari pembangunan wilayah Ibu Kota baru.

Melansir Kompas.com, hingga 8 November 2019, pembebasan lahan menyentuh angka 99,54 persen.

Sementara itu pengerjaan konstruksi telah mencapai 97,56 persen.

Proyek jalan tol Balikpapan-Samarinda terlihat dari udara saat Menhub Budi Karya Sumadi melakukan peninjauan lokasi calon Ibu Kota Negara yang baru dari atas Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara, sekaligus diskusi di Balikpapan Coal Terminal (BCT), Kalimantan Timur, Kamis (19/9/2019). Tribunnews/HO/BKIP Kemenhub/Christanto Agung
Proyek jalan tol Balikpapan-Samarinda terlihat dari udara saat Menhub Budi Karya Sumadi melakukan peninjauan lokasi calon Ibu Kota Negara yang baru dari atas Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara, sekaligus diskusi di Balikpapan Coal Terminal (BCT), Kalimantan Timur, Kamis (19/9/2019). Tribunnews/HO/BKIP Kemenhub/Christanto Agung (Tribunnews/HO/BKIP Kemenhub/Christanto Agung)

PT Jasa Marga (Persero) Tbk mengungkapkan pembangunan tol ini sebagai bentuk dukungan rencana pemindahan ibu kota dari DKI Jakarta ke Provinsi Kalimantan Timur.

Nantinya, Kabupaten Kutai Kartanegara dan Penajam Paser Utara direncanakan menjadi ibu kota Indonesia.

PT Jasamarga Balikpapan Samarinda (JBS) yang merupakan anak perusahaan PT Jasa Marga, menjadi pengelola jalan tol ini.

PT JBS berupaya melakukan percepatan guna mencapai target yang telah ditentukan.

Dirut PT JBS SHT Saragi mengungkapkan jalan tol ini akan siap digunakan pada masa libur Natal 2019 dan tahun baru 2020 mendatang.

“Kami optimistis Jalan Tol Balikpapan-Samarinda dapat beroperasi fungsional pada libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020," ujar Direktur Utama PT JBS STH Saragi dalam keterangan tertulis Jumat (15/11/2019).

Halaman
123
Penulis: Wahyu Gilang Putranto
Editor: Muhammad Renald Shiftanto
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved