Tommy Soeharto Akan Bertemu PKS, Pengamat: Karena PKS Oposisi Darah Biru

Tommy Soeharto berencana bertemu pengurus Partai Keadilan Sejahtera (PKS), pekan depan.

Tommy Soeharto Akan Bertemu PKS, Pengamat: Karena PKS Oposisi Darah Biru
WARTA KOTA/ANGGIE LIANDA PUTRI
Ketua Umum Partai Berkarya Hutomo Mandala Putra 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Vincentius Jyestha

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Umum Partai Berkarya Hutomo Mandala Putra atau Tommy Soeharto berencana bertemu pengurus Partai Keadilan Sejahtera (PKS), pekan depan.

Pengamat komunikasi politik Hendri Satrio menilai pertemuan Tommy dengan PKS tak lepas dari keberadaan PKS sebagai 'oposisi darah biru'.

"PKS ini kan 'oposisi darah biru', oposisi yang bukan karena keadaan. Jadi maksudnya oposisi yang memang sudah berkomitmen sejak lama akan menjadi oposisi pemerintahan Jokowi," ujar Hendri, ketika dihubungi Tribunnews.com, Sabtu (16/11/2019).

Hendri mengatakan PKS dapat juga disebut sebagai oposisi sejati. Pasalnya peran tersebut sudah dilakukan sejak lima tahun lalu atau di periode pertama kepemimpinan Jokowi.

Selain itu, Hendri mengatakan apabila ada partai politik yang tidak merapat kepada koalisi Jokowi, tentu akan secara otomatis mendekati PKS.

Menurutnya, tak ada partai politik lain yang lebih oposisi dari PKS. Partai Gerindra, Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Demokrat tak masuk dalam kategori tersebut karena berusaha menjadi bagian dari koalisi.

"Bahkan partai koalisi pun kalau ingin berkomunikasi dengan oposisi ya berkomunikasinya dengan PKS dulu. Kenapa? Karena mereka ini ningratnya oposisi," kata dia.

Founder lembaga survei KedaiKOPI tersebut menuturkan pertemuan Tommy lebih dikarenakan Partai Berkarya tak lolos ke Senayan dan ingin menjadi oposisi.

"Berkarya ini kan partainya nggak lolos ke DPR, punya wakil di daerah-daerah dan ingin jadi oposisi. Kemudian harus berbicara ke siapa? Ya ke PKS," kata Hendri.

Sebelumnya diberitakan, Ketua Umum Partai Berkarya Hutomo Mandala Putra atau Tommy Soeharto, bakal menggelar pertemuan dengan pengurus PKS pada Selasa (19/11/2019).

Pertemuan tersebut bakal digelar di kantor DPP PKS, Jln TB Simatupang, Jakarta Selatan. Tommy bakal didampingi oleh pengurus Partai Berkarya pada pertemuan ini.

"Mereka akan bersilaturahim ke PKS. Insya Allah direncanakan akan dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 19 November yang akan datang pada pukul 16.00 WIB. Partai Berkarya mulai dari ketua umum, penasihat, sekjen akan berkunjung ke PKS," ujar Presiden PKS, Sohibul Iman, di Hotel Bidakara, Jakarta, Sabtu (16/11/2019).

Menurut Sohibul, pertemuan partai ini lanjutan pembicaraan antara Sohibul Iman dengan Sekretaris Jenderal Partai Berkarya, Priyo Budi Santoso, dan Ketua Dewan Pertimbangan Partai Berkarya, Tedjo Edhy Purdijatno.

"Dari pertemuan itu, mereka menginginkan untuk menjalin komunikasi lebih erat dengan PKS," ungkap Sohibul.

Penulis: Vincentius Jyestha Candraditya
Editor: Malvyandie Haryadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved