Cara Unik BNPB Sosialisasikan Cara Evakuasi Mandiri Kepada Warga di Kepulauan Aru Maluku

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memberikan sosialisasi cara evakuasi mandiri kepada warga Desa Durjela dan Desa Wangel, Kepulauan Aru.

Cara Unik BNPB Sosialisasikan Cara Evakuasi Mandiri Kepada Warga di Kepulauan Aru Maluku
BNPB
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aru mengenalkan cara evakuasi mandiri kepada warga, kepala desa dan perangkat desa serta tokoh adat Desa Durjela dan Desa Wangel, Kepulauan Aru, Maluku pada Minggu (17/11/2019). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memberikan sosialisasi cara evakuasi mandiri kepada warga Desa Durjela dan Desa Wangel, Kepulauan Aru, Maluku.

Agar mudah diingat masyarakat, BNPB memakai lagu 'Potong Bebek Angsa' dengan lirik diganti materi cara evakuasi mandiri dakam penyampaiannya.

Berikut liriknya;

Kalau ada gempa lindungi kepala
Kalau ada gempa ingat BBMK
Jangan Berlari (panik)
Jangan Berisik
Jangan Mendorong
Dan Jangan Kembali

Sambil menyanyikan lagu tersebut, warga juga memperagakan beberapa gerakan mitigasi praktis.

Gerakan tersebut antara lain menutup kepala dan leher belakang, merunduk dan melindungi diri dengan kursi sambil bersiap untuk segera keluar dari ruangan.

Baca: Penyebab Gempa dan Tsunami di Laut Maluku, dan Berikut Sejarah Panjangnya

Dengan begitu, materi yang diberikan menjadi lebih menyenangkan.

Bahkan Bupati Kepulauan Aru, Johan Gonga yang hadir di tengah-tengah warga menyanyikan dan memperagakan gerakan yang dipandu para satgas penanggulangan bencana dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aru bersama kepala desa dan perangkat desa serta tokoh adat lainnya, Minggu (17/11/2019).

Kepala Pusat Data Informasi dan Hubungan Masyarakat (Kapusdatinmas) BNPB mengatakan, ada 109 orang warga Desa Durjela dan 124 warga Desa Wangel turut serta mengikuti pembelajaran evakuasi mandiri yang dibidangi oleh Direktorat Kesiapsiagaan, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) tersebut.

Halaman
1234
Penulis: Gita Irawan
Editor: Adi Suhendi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved