Kasus Meikarta, KPK Tunggu Anggota DPRD Jabar Waras Wasisto Pulang Umrah

Anggota DPRD Jawa Barat Waras Wasisto tidak memenuhi jadwal pemeriksaan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), pada Senin (18/11/2019) ini.

Kasus Meikarta, KPK Tunggu Anggota DPRD Jabar Waras Wasisto Pulang Umrah
KOMPAS.COM/Ardito Ramadhan D
Juru Bicara KPK Febri Diansyah 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ilham Rian Pratama

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Anggota DPRD Jawa Barat Waras Wasisto tidak memenuhi jadwal pemeriksaan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), pada Senin (18/11/2019) ini.

Waras seharusnya diperiksa sebagai saksi dalam kasus suap terkait pengurusan perizinan proyek pembangunan Meikarta di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Ia dijadwalkan diperiksa untuk tersangka Iwa Karniwa selaku Sekretaris Daerah (Sekda) Jawa Barat.

"Saksi sedang melaksanakan ibadah umrah. Pemeriksaan akan dijadwalkan ulang selesai saksi pulang umrah," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah kepada wartawan, Senin (18/11/2019).

KPK terakhir memeriksa Waras pada Senin (9/9/2019) lalu. Saat itu, penyidik mendalami keterangan saksi terkait pendaftaran tersangka Iwa Karniwa ke PDIP, dalam rangka pencalonan diri sebagai calon gubernur pada Pilgub Jawa Barat tahun 2018.

Usai diperiksa, Waras mengaku dicecar terkait kesaksiannya dalam persidangan kasus Meikarta di Pengadilan Tipikor Bandung.

Waras berkilah tidak mengetahui adanya pemberian uang kepada Iwa. Namun, ia menyebut, ada titipan uang yang diserahkan ke Iwa dari Anggota DPRD Kabupaten Bekasi Fraksi PDIP Soleman.

"Titipannya bukan ke saya, tapi ke Pak Leman (Soleman), ya. (Titipannya dalam bentuk apa?) Sumbangan untuk banner , untuk spanduk pencalonan Pak Iwa," kata Waras.

KPK terus mengebut penyidikan Iwa Karniwa dalam perkara ini menyusul pemanggilan para saksi baik dari pejabat di lingkungan Pemprov Jabar hingga anggota DPRD Jabar dan Kabupaten Bekasi dalam beberapa hari ke belakangan.

Halaman
12
Penulis: Ilham Rian Pratama
Editor: Malvyandie Haryadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved