Breaking News:

Humas MPR, Kementerian, dan Lembaga Negara Bersinergi Sosialisasikan Empat Pilar

MPR RI menggelar forum tematik bertajuk 'Peran MPR dalam Memasyarakatkan Nilai-Nilai Empat Pilar Agar Terinternalisasi di Kalangan Milenial'.

Tribunnews.com/ Chaerul Umam
Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) menggelar forum tematik bertajuk Peran MPR dalam Memasyarakatkan Nilai-Nilai Empat Pilar Agar Terinternalisasi di Kalangan Milenial, di Ruang Delegasi II Gedung DPR/MPR, Senayan, Jakarta, Selasa (19/11/2019). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Chaerul Umam

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) menggelar forum tematik bertajuk 'Peran MPR dalam Memasyarakatkan Nilai-Nilai Empat Pilar Agar Terinternalisasi di Kalangan Milenial'.

Dalam forum tersebut, MPR RI mengundang Humas dari berbagai kementerian dan lembaga yang tergabung dalam Badan Koordinasi Hubungan Masyarakat atau Bakohumas.

Agenda tersebut digelar sebagai upaya mempererat hubungan antar kehumasan di kementerian dan lembaga.

Baca: MPR Rumah Kebangsaan untuk Merekatkan Anak Bangsa

Selain itu, forum tersebut bersinergi untuk terus memasyarakatkan nilai-nilai empat pilar kebangsaan.

"Melakukan sinergi dengan humas di tempat lain supaya tugas penting MPR mensosialisasikan nilai-nilai empat pilar MPR RI juga kepada generasi muda khususnya itu bisa dilakukan secara masif sehingga nilai-nilai yang ada dalam empat pilar MPR itu bisa sampai kepada milenial khususnya dan masyarakat umumnya," kata Sekjen MPR RI Maruf Cahyono di Ruang Delegasi II Gedung DPR/MPR, Senayan, Jakarta, Selasa (19/11/2019).

Maruf Cahyono berharap melalui forum Bakohumas tersebut, tugas utama MPR yakni membumikan empat pilar kebangsaan akan efektif untuk dilakukan bersama humas kementerian dan lembaga lainnya.

"Diharapakan, tentu baik konten dan metode yang disampaikan akan saling mendukung sehingga upaya-upaya melakukan sosialisasi di MPR semakin efektif karena dilakukan bersama-sama juga dengan kementerian dan lembaga lain," katanya.

Baca: Sesjen MPR Maruf Cahyono: Perlu Sinergitas MPR dan Wartawan Parlemen

Di tempat yang sama, Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) Widodo Muktiyo mengapresiasi MPR menggelar forum Bakohumas.

Pria yang juga menjabat Ketua Umum Bakohumas ini menilai perlunya komitmen bersama untuk menanamkan nilai-nilai empat pilar terutama kepada milenial.

"Saya sebagai Ketua Bakohumas menyatakan sangat apresiatif terhadap MPR yang mengadakan kegiatan ini dan ini kegiatan yang sangat penting terutama buat teman-teman milenial yang saat ini jumlahnya sangat banyak," kata Widodo.

Ia pun mencontohkan agar nilai-nilai empat pilar yakni Pancasila, UUD NRI 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika dapat dipahami dengan mudah oleh kalangan milenial.

Baca: Silaturahim Kebangsaan MPR ke Surya Paloh

Ia mengatakan, perlunya menciptakan konten yang menarik agar membuat milenial tertarik memahami apa saja isi dari empat pilar kebangsaan.

"Kelemahan yang selama ini kita anggap, kita ini punya konten cerita-cerita tentang nilai kebangsaan ini belum dielaborasi dengan baik bahkan banyak negara maju tidam punya sejarah kearifan budaya tapi bisa mengembangkan kearifan budaya dalam berbagai bentuk," kata Widodo.

"Kita sekarang ini di Bakohumas kita akan mencoba bertanggungjawab masing masing kementerian dan lembaga untuk menggali sesuai denga wilayahnya, sebagai contoh di bidang kelautan itu banyak sosok-sosok kepahlawanan yang bisa diangkat dan itu kemudian dibangun narasi dan data bahkan bisa dibuat infografis," lanjutnya.

Penulis: chaerul umam
Editor: Adi Suhendi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved