Kemendagri-Kemenkes Berikan Penghargaan Swasti Saba pada 177 Kabupaten/Kota Sehat 2019

Ada enam provinsi yang dinyatakan sebagai Tim Pembina Provinsi terbaik dan tiga orang sebagai influencer atau orang-orang yang berdedikasi

Kemendagri-Kemenkes Berikan Penghargaan Swasti Saba pada 177 Kabupaten/Kota Sehat 2019
Larasati Dyah Utami
Kemendagri bersama Kemenkes memberikan penghargaan Swasti Saba Kabupaten/Kota Sehat Tahun 2019, di kantor pusat Kemendagri, Selasa (19/11/2019) 

 Laporan Wartawan Tribunnews.com, Larasati Dyah Utami

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) bersama Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memberikan penghargaan Swasti Saba Kabupaten/Kota Sehat Tahun 2019 kepada 177 Kabupaten/Kota yang telah lolos verifikasi dokumen dan verifikasi lapangan.

Ada enam provinsi yang dinyatakan sebagai Tim Pembina Provinsi terbaik dan tiga orang sebagai influencer atau orang-orang yang berdedikasi dalam penyelenggaraan Kabupaten/ Kota Sehat (KKS) di tingkat provinsi.

Adapun enam provinsi tersebut yaitu Tim Pembina KKS Provinsi Sulawesi Selatan, Tim Pembina KKS Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Tim Pembina KKS Provinsi Jawa Barat, Tim Pembina KKS Provinsi Sulawesi Utara, Tim Pembina KKS Provinsi Jambi dan Tim Pembina KKS Provinsi Sumatera Barat.

Baca: Ahok Dikabarkan Jabat Bos BUMN, Iwan Fals Sebut BTP dengan Julukan Seperti Ini

"Ada beberapa variabel yang dijadikan talak ukur. Mulai dari masalah kebersihan, kesediaan layanan kesehatan, adanya dokter, adanya program yang berhubungan dengan Stunting dan lain-lain" ujar Mendagri, Selasa (19/11/2019).

Adapun ketiga orang influencer yang mendapat penghargaan Swasti Saba yaitu; Muslimin dari Forum KKS Provinsi Sulsel, satu-satunya provinsi yang membentuk forum provinsi di luar kelembagaan yang ada, Jenne Mandu dari dinas kesehatan Sulawesi Utara dan Suroso dari dinas kesehatan Jambi.

"Program ini bagus, karena paralel dengan kebijakan Presiden dalam rangka membangun SDM lima tahun kedepan. SDM ini tidak hanya dalam pendidikan, tapi juga dalam kesehatan. Kalau warga negara sehat otomatis biaya kesehatan akan turun" ujar Mendagri.

Kedua kategori penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Menteri Kesehatan, Terawan kepada masing-masing peraih penghargaan.

Baca: Mendagri Soroti Stunting Salah Satu Masalah Kesehatan

Adapun penghargaan Swasti Saba Padapa, Swasti Saba Wiwerda, Swasti Saba Wistara diberikan oleh Menteri Tito Karnavian kepada 6 perwakilan masing-masing kategori daerah peraih penghargaan.

Berdasarkan keterangan pers Kemendagri, dalam penyelenggaraan Kabupaten/Kota sehat setiap dua tahun sekali akan diberikan penghargaan Swasti Saba bagi Kabupaten/Kota yang telah menyelenggarakan dan mengikuti verifikasi Kabupaten/Kota Sehat.

Baca: Persentase Penderita Stunting Turun 7 Persen, Pemerintah Beri Apresiasi Pada 10 Sosok Pahlawan

Penyelenggaraan verifikasi Kabupaten/Kota tahun 2019 telah dilaksanakan pada bulan Mei-Oktober 2019 di 202 Kabupaten/Kota pada 29 Provinsi dan menghasilkan peraih pengharagaan sebagaimana disebutkan di atas.

Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved