Mengenal Sosok Jokowi Lewat Teten Masduki

Teten Masduki dipercaya oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam jajarannya sejak periode pertama kepemimpinan hingga saat ini.

Mengenal Sosok Jokowi Lewat Teten Masduki
Harian Warta Kota/henry lopulalan
PENGHARGAAN PANGAN - Presiden Joko Widodo (kanan) didampingi Menteri Pertanian Amran Sulaiman (tengah)) dan Kepala Kantor Staf Presiden Teten Masduki (kiri) menyerahkan penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara di Istana Negara, Jalan Veteran, Gambir, Jakarta Pusat, Rabu (30/11). Penghargaan tersebut diberikan kepada 73 penerima penghargaan yang terdiri dari lima kategori yaitu pelopor ketahanan pangan, pemangku ketahanan pangan, pembangunan ketahanan pangan, pelayanan ketahanan pangan dan pembina ketahanan pangan. Warta Kota/henry lopulalan 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Vincentius Jyestha

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Teten Masduki dipercaya oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam jajarannya sejak periode pertama kepemimpinan hingga saat ini.

Awalnya Teten dipercaya sebagai kepala staf kepresidenan, kemudian menjabat koordinator staf khusus presiden, dan terakhir menjadi menteri koperasi dan usaha kecil dan menengah.

Dalam wawancara khusus, Tribunnews.com mencoba menggali bagaimana sosok Jokowi yang diketahui oleh Teten.

Disinggung pernah tidak mendapat omelan atau teguran dari Jokowi, Teten menjelaskan bahwa mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut adalah orang yang berorientasi kepada kecepatan.

Baca: Teten Gandeng LKPP dan BUMN Pasok Produk UMKM

Baca: Teten Masduki: Modernisasi Jawaban Koperasi Bermasalah

Baca: Gubernur Minta Bupati Beri Kemudahan dan Peluang Investor Masuk ke Maluku Utara

"Ya yang saya tahu beliau ini kan kecepatan atau speed-nya luar biasa. Jadi di antara para menteri itu ada joke-nya begini, kalau ditugaskan oleh pak Jokowi hari ini, harus selesai kemarin," ujar Teten, seraya tertawa, di Kantor Kementerian Koperasi dan UKM, Jl H R Rasuna Said, Jakarta Selatan, Senin (18/11/2019).

Oleh karenanya, Teten menilai Jokowi akan menunjukkan gelagat tidak senang apabila jajarannya bekerja lambat atau tidak on time.

Teten tidak menyebut secara detail bagaimana gelagat yang ditunjukkan Jokowi ketika tidak senang, apakah lewat gestur tubuh atau kata-kata.

Hanya saja bagi Teten, ia dapat membedakan kapan Jokowi suka atau tidak suka. Apalagi menurutnya Jokowi adalah orang Jawa yang terkenal sangat santun.

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Teten Masduki saat wawancara khusus bersama tim Tribunnews di Kantor Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (18/11/2019). Pada kesempatan tersebut Teten Masduki menjelaskan mengenai program-program yang akan dijalankannya untuk mengembangkan Usaha Kecil Menengah (UKM) yang sudah ada. Tribunnews/Jeprima
Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Teten Masduki saat wawancara khusus bersama tim Tribunnews di Kantor Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (18/11/2019). Pada kesempatan tersebut Teten Masduki menjelaskan mengenai program-program yang akan dijalankannya untuk mengembangkan Usaha Kecil Menengah (UKM) yang sudah ada. Tribunnews/Jeprima (Tribunnews/JEPRIMA)

"Saya tahu persislah suka atau tidak suka, kan beliau sangat santun. Jadi kalau nggak paham, ya nggak mungkin menangkap kalau beliau sedang marah gitu," kata dia.

Di sisi lain, ia melihat suami Iriana Jokowi tersebut sangat berorientasi atau memprioritaskan hasil. Efek atau dampak dalam kinerja jajarannya menjadi satu penilaian tersendiri bagi Jokowi.

"Beliau yang penting orientasi kepada hasil, jadi sangat menjadi prioritas, apapun dampaknya. Jadi dalam penyusunan program begitu, kita jangan hanya indikator input, tapi dampaknya apa," kata Teten.

"Jadi jangan bilang, 'Wah saya sudah bangun jalan sekian ribu kilometer, saya sudah bikin pelatihan sekian', tapi apa dampaknya. Jadi outcome-nya lah (yang dinilai beliau)," imbuhnya.

Penulis: Vincentius Jyestha Candraditya
Editor: Hendra Gunawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved