Ray Rangkuti Nilai Pemilihan Ketua Umum Golkar Akan Pengaruhi Kuatnya Wacana Amandemen UUD 1945

Ray Rangkuti menilai proses pemilihan Ketua Umum Partai Golkar akan mempengaruhi kuatnya wacana amandemen Undang-Undang Dasar (UUD) 1945

Ray Rangkuti Nilai Pemilihan Ketua Umum Golkar Akan Pengaruhi Kuatnya Wacana Amandemen UUD 1945
Reza Deni/Tribunnews.com
Ray Rangkuti 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Direktur Lingkar Madani Indonesia, Ray Rangkuti menilai proses pemilihan Ketua Umum Partai Golkar akan mempengaruhi kuatnya wacana amandemen Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 yang kini menjadi perbincangan.

Tidak hanya itu, Ray Rangkuti menilai proses pemilihan ketua umum Partai Golkar juga akan mempengaruhi kuatnya wacana terkait Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) secara tidak langsung.

Ray Rangkuti melihat saat ini dua calon kuat ketua umum Partai Golkar, Arilangga Hartarto dan Bambang Soesatyo menunjukan sinyal yang berbeda terkait wacana tersebut.

Baca: Soal Wacana Amandemen UUD, Ray Rangkuti Contohkan Proses Revisi UU KPK

Menurut Ray Rangkuti, apabila Bambang Soesatyo (Bamsoet) yang terpilih, maka isu amandemen UUD 1945 akan semakin kencang.

"Karena Pak Bambang Soesatyo salah satu tokoh yang terlihat begitu antusias untuk ikut serta mendorong isu amandemen ini dilakukan," ujar Ray Rangkuti dalam diskusi di kantor Kode Insiatif, Jakarta Selata, Kamis (21/11/2019).

Baca: Ace Hasan: Kesepakatannya, Bamsoet Tak Maju Jadi Caketum Golkar Jika Jabat Ketua MPR

Sebaliknya, apabila Airlangga yang kembali menjadi orang nomor satu di Partai Golkar, maka wacana amandemen akan melemah.

Akan tetapi menurutnya, pelemahan wacana tersebut bukan berarti hilang sepenuhnya karena kedua isu tersebut dianggap tidak dominan di kubu Airlangga.

Baca: Di Hadapan Pengusaha Amerika, Menko Airlangga Akui Indonesia Alami Deindustrialisasi

"Jadi, sekarang isu amandemen dan pilkada tidak langsung, saya kira pada tingkat tertentu menunggu siapa kira-kira yang akan lolos sebagai Ketua Umum Partai Golkar pada Desember mendatang," kata Ray.

Penulis: Gita Irawan
Editor: Adi Suhendi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved