Jokowi Larang Impor Bahan Baku Obat

Pada rapat terbatas mengenai program kesehatan nasional, Jokowi berharap impor bahan baku obat dikurangi agar harga obat lebih murah.

Jokowi Larang Impor Bahan Baku Obat
Youtube Sekretariat Presiden
Pada rapat terbatas mengenai program kesehatan nasional, Jokowi berharap impor bahan baku obat dikurangi agar harga obat lebih murah. 

TRIBUNNEWS.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) larang impor bahan baku obat untuk industri farmasi nasional di Indonesia.

Hal itu ia sampaikan ketika membuka rapat terbatas (ratas) tentang program kesehatan nasional di Kantor Presiden, Jakarta, Kamis (21/11/2019).

Ia meminta, regulasi dalam bidang kesehatan, yakni terkait industri farmasi nasional, untuk segera disederhanakan dan dipangkas, untuk mengurangi impor bahan baku.

Diketahui, 95 persen bahan baku pembuatan obat di Indonesia masih tergantung pada impor.

"Laporan yang saya terima, 95 persen bahan baku obat masih tergantung pada impor. Ini sudah tidak boleh lagi dibiarkan berlama-lama," kata Jokowi, dilansir dari kanal Youtube Sekretariat Presiden, Kamis (21/11/2019).

Acara rapat terbatas perdana Kabinet Indonesia Maju
Acara rapat terbatas perdana Kabinet Indonesia Maju (KompasTV)

Perbaikan pada industri farmasi, diharapkan dapat membuat industri farmasi nasional tumbuh dan masyarakat dapat membeli obat dengan harga yang lebih murah.

Jokowi juga menginstruksikan untuk memperbesar skema insentif bagi riset-riset yang menghasilkan temuan obat.

Selain itu penemuan alat kesehatan terbaru dengan harga yang kompetitif dibandingkan produk-produk impor, untuk disambungkan dengan industri penghasil alat kesehatan.

Lebih lanjut, Jokowi menegaskan, prioritas kerja kabinet di bidang kesehatan bukan hanya mengobati orang yang sakit, tetapi juga melakukan pencegahan dan promotif.

Terawan Agus Putranto
Terawan Agus Putranto (Tribunnews/Irwan Rismawan)

Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto, ditunjuk Jokowi untuk melakukan langkah-langkah pembaruan yang inovatif dalam rangka mengedukasi masyarakat untuk hidup sehat.

Halaman
1234
Penulis: Rica Agustina
Editor: Daryono
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved