Prakiraan Cuaca

BMKG Prediksi Adanya Peningkatan Curah Hujan Sepekan Kedepan, Waspadai Banjir hinggga Angin Kencang

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat untuk mewaspadai peningkatan curah dalam selama sepekan kedepan.

BMKG Prediksi Adanya Peningkatan Curah Hujan Sepekan Kedepan, Waspadai Banjir hinggga Angin Kencang
pixabay.com
ILUSTRASI - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat untuk mewaspadai peningkatan curah dalam selama sepekan kedepan. 

BMKG Memberi Peringatan Dini Berupa Prediksi Adanya Peningkatan Curah Hujan Sepekan Kedepan

TRIBUNNEWS.COM - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat untuk mewaspadai peningkatan curah dalam selama sepekan kedepan. 

Berdasarkan rilis yang dipublikasikan di akun twitter Humas BMKG, @infoHumasBMKG, Rabu (27/11/2019), Deputi Bidang Meteorologi R. Mulyono R. Prabowo menyatakan terjadi peningkatan tekanan udara di wilayah Siberia dan Asia Timur dalam beberapa hari terakhir. 

Peningkatan tekanan udara itu menyebabkan terjadinya penguatan desakan massa udara dingin dari wilayah Asia mendekati kawasan ekuator.

Desakan ini, lanjut Mulyono, memberikan pasokan uap air yang cukup dapat menyebabkan pembentukan awan hujan yang signifikan di wilayah Indonesia.

BMKG memprakirakan curah hujan dengan intensitas lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang berpotensi terjadi dalam sepekan ke depan di beberapa wilayah Indonesia. 

Mulyono mengimbau masyarakat agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi dampak lanjutan akibat hujan lebat yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang dan jalan licin.

Berikut rilis lengkap BMKG sebagaimana dikutip dari akun twitter Humas BMKG

1. WASPADAI POTENSI PENINGKATAN CURAH HUJAN DALAM SEPEKAN KEDEPAN

2. Peningkatan tekanan udara di wilayah Siberia dan Asia Timur dalam beberapa hari terakhir menyebabkan terjadinya penguatan desakan massa udara dingin dari wilayah Asia mendekati kawasan ekuator.

Halaman
123
Penulis: Daryono
Editor: Siti Nurjannah Wulandari
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved