Ingin Birokrasi Berjalan Lebih Cepat, Jokowi Berencana akan Pangkas Eselon III dan IV Tahun Depan

Penyederhanaan birokrasi di kementerian akan dilakukan Presiden Joko Widodo dengan memangkas jabatan eselon III dan IV mulai tahun depan.

Ingin Birokrasi Berjalan Lebih Cepat, Jokowi Berencana akan Pangkas Eselon III dan IV Tahun Depan
KOMPAS.com/ERLANGGA DJUMENA
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat memberi arahan dalam Pertemuan Tahunan Bank Indonesia di jakarta, Kamis (29/11/2019). 

TRIBUNNEWS.COM - Penyederhanaan birokrasi di kementerian akan dilakukan Presiden Joko Widodo dengan memangkas jabatan eselon III dan IV mulai tahun depan.

Hal ini ditegaskan kembali oleh Presiden Joko Widodo alias Jokowi saat berbicara dalam Pertemuan Tahunan Bank Indonesia 2019, di Jakarta, Kamis (28/11/2019).

"Mohon maaf kalau di sini ada eselon IV dan eselon III, kita pangkas mulai tahun depan. Untuk apa? Agar terjadi kecepatan dalam setiap memutuskan perubahan-perubahan dunia yang berubah sebegitu cepatnya," ucap Jokowi dikutip dari Kompas.com.

Menurut Jokowi, penyederhanaan birokrasi dilakukan untuk mempercepat birokrasi di tengah perkembangan global yang begitu cepat.

Jokowi juga menyampaikan bahwa dalam lima tahun ke depan pemerintah akan fokus dalam pengembangan sumber daya manusia (SDM), salah satunya dengan program kartu Pra-Kerja.

Baca: Sosok Kapten Teddy Indra Wijaya, Ajudan Presiden Jokowi jadi Lulusan Terbaik Sekolah Militer Amerika

Baca: Viral Video Mobil Dinas Jokowi Terjebak Macet hingga Tak Bisa Bergerak Sama Sekali

Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat memberi arahan
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat memberi arahan dalam Pertemuan Tahunan Bank Indonesia di jakarta, Kamis (29/11/2019).

Program kartu pra-kerja sendiri merupakan janji Jokowi pada masa kampanye Pilpres 2019 lalu.

Jokowi menyebutkan, pemilik kartu ini nantinya bisa memilih secara langsung pelatihan atau kursus yang diminati melalui platform digital yang disediakan pemerintah.

Dalam platform ini akan ada berbagai jenis pelatihan seperti barista kopi, animasi, desain grafis, bahasa Inggris, komputer, teknisi programming, hingga coding.

Walaupun begitu, Jokowi tetap akan mengembangkan pembangunan infrastruktur.

"Kelanjutan pembangunan infrastruktur akan diteruskan dengan menyambungkan jalan tol yang ada di kawasan industri, pariwisata, kawasan sentra-sentra nelayan dan petani," ungkap Jokowi.

BACA SELENGKAPNYA >>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>

Penulis: Adya Rosyada Yonas
Sumber: TribunnewsWiki
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved