Breaking News:

Nadiem Makarim Beberkan Strategi Ubah Mindset Pendidikan Karakter di Masyarakat

Nadiem Makarim berencana akan mengubah mindset masyarakat mengenai pendidikan karakter dengan menciptakan konten.

Editor: Hasanudin Aco
Tribunnews.com/Larasati Dyah Utami
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim, Sabtu (30/11/2019) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Larasati Dyah Utami

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim berencana akan mengubah mindset masyarakat mengenai pendidikan karakter dengan menciptakan konten.

"Cara tercepat untuk menginfluence masyarakat adalah dengan membuat konten. Apa itu, stories, film sinetron, iklan bilboard, dan lain-lain," ujar Nadiem Makarim, Sabtu (30/11/2019) di Gedung A, Kemendikbud.

Mengedukasi masyarakat dengan mengubah pola pikir tentang pendidikan karakter, menurutnya tidak cukup hanya dengan mengandalkan kurikulum di sekolah.

Baca: Nadiem Makarim Jawab soal Wacana Penghapusan UN, Alasan hingga Waktu Pelaksanaan

Baca: Penjelasan Nadiem Makarim Tentang Pendidikan Karakter

Nadiem berujar pendidikan karakter memang bisa disampaikan akan tetapi menurutnya terlalu pelan untuk sempai ke masyarakat jika hanya melalui jalur kurikulum.

"Cara utama kalau menurut saya, lewat sekolah itu bisa saja. Tapi menurut saya terlalu pelan kalau kita menunggu lewat kurikulum. Kita harus langsung ke masyarakat dengan menciptakan konten," ujarnya.

Dengan penggunan teknologi, Mendikbud berharap behavior ini nantinya yang harus dicerminkan mengikuti suatu story line yang akan disampaikan pada masyarakat lewat sosial media dan sebagainya.

"Orang film 100 persen mengerti ini. Ini harus dijadikan riil. Disituasi manalah behavior itu tercermin, dimana ada dilema (bagi seseorang), saya harus melakukan hal ini atau hal itu itu," ujar Mendikbud.

Mendikbud mengatakan, rencana yang akan ia implementasikan di tahun 2020, bukan metode baru untuk merubah suatu mindset.

Sebelumnya, banyak perusahaan yang menggunakan metode ini untuk merubah suatu mindset.

"Ini bukan metode baru kok, ini digunakan hampir diseluruh perusahaan yang ingin menggunakan budgetnya, atau yang ingin merubah suatu mindset, lewat medsos. Jadi menurut saya ini merupakan suatu channel, dan suatu strategi dari Kemendikbud yang mungkin mau kita push mulai dari tahun depan," ujar Nadiem

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved