Dua Tahun Berhenti Gunakan Sosial Media, Nadiem Makarim Mengaku Hidup Adem dan Stres Menurun

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim menyampaikan pesan kepada anak muda untuk lebih mendengarkan suara hati.

Dua Tahun Berhenti Gunakan Sosial Media, Nadiem Makarim Mengaku Hidup Adem dan Stres Menurun
YouTube Najwa Shihab
Nadiem Makarim di acara Mata Najwa. 

TRIBUNNEWS.COM - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mengaku hidupnya lebih adem dan stresnya menurun setelah berhenti menggunakan sosial media.

Kisah itu muncul saat ditanya Najwa Shihab dalam acara Mata Najwa On Stage Semarang yang kemudian diunggah oleh kanal YouTube Najwa Shihab, Minggu (1/11/2019).

"Iya memang benar, saya tidak punya akun media sosial apapun, alasannya sebagian itu benar," terang Nadiem Makarim.

Menurut Nadiem Makarim, ia tidak punya akun media sosial karena ingin mengambil keputusan dalam hidup dan keputusan dalam bekerja tanpa harus memperdulikan orang-orang yang suka berkomentar di akun sosial media.

Nadiem Makarim mengaku sempat memiliki akun media sosial namun sejak dua tahun lalu sudah tidak digunakan lagi.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim saat mengikuti Rapat Kerja (Raker) perdana dengan Komisi X DPR RI di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (6/11/2019). Raker tersebut beragendakan  perkenalan dan RKP (Rencana Kerja Pemerintah) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Tribunnews/Jeprima
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim saat mengikuti Rapat Kerja (Raker) perdana dengan Komisi X DPR RI di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (6/11/2019). Raker tersebut beragendakan perkenalan dan RKP (Rencana Kerja Pemerintah) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Tribunnews/Jeprima (Tribunnews/JEPRIMA)

Setelah dirinya berhenti dari sosial media, Nadiem Makarim mengaku kehidupan yang dijalani lebih adem dan menurunkan tingkat stresnya.

"Kedaulatan itu sangat penting, karena saya ingin melakukan hal pro aktif dan bukan reaktif, kedua setelah saya sudah berhenti sosial media kira-kira dua tahun yang lalu saya tuh enggak tahu kenapa kaya jadi lebih adem, stresnya menurun," papar Nadiem Makarim.

Menurut Nadiem Makarim ada suatu stres yang bisa dilihat saat dirinya keluar dari sosial media.

"Kadang-kadang kita enggak tahu dampaknya sosial media kepada psikologis kita, tapi ada suatu stres yang kita lihat pada saat kita keluar dari sosial media," jelas Nadiem Makarim.

"Itu menenangkan hati dan menenangkan otak buat saya," tambahnya.

Halaman
1234
Penulis: Nanda Lusiana Saputri
Editor: Wulan Kurnia Putri
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved