Rencana Nadiem Makarim Hapus UN, Pengamat Pendidikan Sebut Sangat Mungkin Direalisasikan

Mendikbud berencana menghapus Ujian Nasional. Pengamat pendidikan menyebut wacana tersebut sangat mungkin untuk direalisasikan.

Rencana Nadiem Makarim Hapus UN, Pengamat Pendidikan Sebut Sangat Mungkin Direalisasikan
Tribunnews/Jeprima
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Anwar Makarim memunculkan wacana penghapusan Ujian Nasional. Nadiem mengatakan, saat ini wacana tersebut masih dikaji. (Tribunnews/Jeprima) 

TRIBUNNEWS.COM - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim memunculkan wacana penghapusan Ujian Nasional (UN).

Dilansir Kompas.com, Nadiem menyebut penghapusan UN akan direalisasikan setelah 2020.

Rencana tersebut pertama kali disampaikan Nadiem saat mengadakan rapat bersama Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Staf Khusus Mendikbud, serta Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP).

Pengamat Pendidikan Darmaningtyas menilai, kali ini penghapusan UN sangat mungkin untuk direalisasikan.

Darmaningtyas mengatakan, sebelumnya, wacana penghapusan UN tidak terealisasikan karena tak disetujui oleh Jusuf Kalla (JK), yang pada saat itu masih menjabat sebagai wakil presiden.

"Menteri yang kemarin (Mendikbud sebelum Nadiem) sudah mau menghapus, tapi kan Pak JK keberatan," ungkapnya, Minggu (1/12/2019), seperti yang diberitakan Kompas.com.

"Sekarang kan Pak JK sudah enggak ada (tidak menjabat), jadi saya kira harus sudah punya keberanian untuk menghapus," lanjutnya.

Menurut Darmaningtyas, terealisasinya penghapusan UN sangat bergantung pada keberanian menteri yang menjabat.

Selain itu, juga diperlukan izin dari pemimpin negara sebagai atasannya.

"Tergantung menterinya, kalau menterinya sudah, bawahan kan akan manut. Yang paling penting ya menteri sama atasan menteri," ujarnya.

Halaman
1234
Penulis: Widyadewi Metta Adya Irani
Editor: Pravitri Retno Widyastuti
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved