Ahmad Ali: Pilkada 2020 Tanpa Mahar Politik

Ahmad Ali, mengingatkan semua pihak agar tidak melakukan upaya politik uang atau money politic selama pemilihan kepala daerah (pilkada) 2020.

Ahmad Ali: Pilkada 2020 Tanpa Mahar Politik
Kompas.com/PRIYOMBODO
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Glery Lazuardi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Ketua Umum DPP Partai NasDem, Ahmad Ali, mengingatkan semua pihak agar tidak melakukan upaya politik uang atau money politic selama pemilihan kepala daerah (pilkada) 2020.

Menurut dia, politik uang menjadi salah satu pemicu munculnya praktik korupsi sehingga menimbulkan ketidakpercayaan masyarakat terhadap partai politik (parpol).

"Itu lahir dari riset, dari penelitian terkait harapan masyarakat terhadap partai politik, salah satunya lahirlah itu, politik tanpa mahar," kata dia, dalam keterangannya, di sela-sela kunjungan safari konsolidasi Partai NasDem di Balikpapan, Kalimantan Timur, Minggu (8/12/2019).

Dia menegaskan sikap Partai NasDem mengusung 'Politik Tanpa Mahar'. Slogan ini menjadi haluan dalam berdemokrasi di Indonesia.

Dia menjelaskan, kalimat itu ternyata mempunyai makna mendalam. Haluan itu tercipta bukan untuk pencitraan, melainkan hal yang diserap dari keluh kesah masyarakat terkait dengan politik yang diidentikkan dengan uang.

"Bukan untuk pencitraan NasDem, melainkan tuntutan rakyat Indonesia.
Partai NasDem lahir di era reformasi dan tetap berkomitmen untuk membangun demokrasi di Indonesia lebih baik tanpa adanya mahar politik," kata dia.

Bagi bakal calon kepala daerah baik provinsi maupun kabupaten/kota, kata dia, untuk mendapat rekomendasi Partai NasDem tidak perlu berkenalan dengan wakil ketua umum atau pengurus DPP NasDem lainnya.

Partai NasDem akan menjaring calon kepala daerah melalui hasil survey dari 8 lembaga survey. Dari hasil itu, dipilih untuk diberikan rekomendasi usungan partai berdasarkan kriteria yang diharapkan masyarakat.

Nantinya, dia melanjutkan, calon kepala daerah yang diusung adalah putera terbaik, tidak mesti kader partai. Oleh sebab itu, NasDem berkomitmen tetap konsisten menolak mahar politik.

Halaman
12
Penulis: Glery Lazuardi
Editor: Malvyandie Haryadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved