Menhub Akan Tinjau Tiga Ruas Tol Jelang Natal dan Tahun Baru

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi akan melakukan peninjauan pada 3 titik ruas tol menjelang libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, Minggu (7/12/201

Menhub Akan Tinjau Tiga Ruas Tol Jelang Natal dan Tahun Baru
Warta Kota/ANGGA BHAGYA NUGRAHA
Jalan tol Layang Jakarta-Cikampek atau Tol Japek Elevated tampak sudah selesai pembangunannya di Kawasan Bekasi Timur, Jawa Barat, Selasa (3/12/2019). Tol Japek elevated ini merupakan tol layang terpanjang di Indonesia. Tol ini membentang sepanjang 36 kilometer (km) di atas Tol Japek eksisting, dan rencananya akan dioperasikan gratis untuk menyambut mudik Natal 2019 dan Tahun Baru 2020. Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reynas Abdila

TRIBUNNEWS.COM - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi akan melakukan peninjauan pada 3 titik ruas tol menjelang libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, Minggu (7/12/2019).

“Menhub Budi Karya akan meninjau ruas Tol Elevated Jakarta – Cikampek (Japek II), Tol Cikopo-Palimanan (Cipali). Selain itu sekaligus meninjau progres pembangunan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu),” kata Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian Perhubungan Hengki Angkasawan di Jakarta, Sabtu (8/12/2019).

Pada peninjauan tersebut Menhub Budi akan didampingi oleh Dirjen Bina Marga, Kakorlantas, Kepala Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT), Direktur Utama Jasa Marga, Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ), Sesditjen Perhubungan Darat, dan Direktur Lalu Lintas Perhubungan Darat.

Pada Angkutan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, Kementerian Perhubungan telah memetakan titik-titik yang dianggap krusial untuk ditangani guna melancarkan penyelenggaraan pada Rapat Koordinasi Angkutan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 di Jakarta.

Baca: Selain Urai Kemacetan, Tol Japek II Elevated juga Dorong Pertumbuhan Industri Baru

Baca: Menhub: Tol Japek Layang Dibuka 15 Desember, Gratis Sampai Tahun Baru

Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi (kiri) dengan Direktur Utama PT Jasamarga Jalanlayang Cikampek (JJC) Djoko Dwijono saat berada di Tol Layang Japek, Bekasi, Jawa Barat, Minggu (22/9/2019). (Tribunnews/Reynas)
Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi (kiri) dengan Direktur Utama PT Jasamarga Jalanlayang Cikampek (JJC) Djoko Dwijono saat berada di Tol Layang Japek, Bekasi, Jawa Barat, Minggu (22/9/2019). (Tribunnews/Reynas) (Tribunnews.com/Reynas Abdila)

Beberapa titik krusial seperti operasional sejumlah ruas tol mulai dari tol Trans Jawa, Tol Trans Sumatera, hingga pelabuhan penyeberangan.

Menhub Budi Karya menyebutkan Tol Cipali kemungkinan rawan terhadap kecelakaan dan kekurangan rest area.

Kemudian, Tol layang (elevated) Jakarta Cikampek yang akan segera dibuka pada pertengahan Desember kita buka menjadi perhatian Menhub.

Kemenhub telah menyiapkan langkah-langkah antisipasi terjadinya kemacetan Jalan tol seperti : optimalisasi pembukaan tol gate, sistem jemput bola, penambahan petugas lapangan, optmalisasi Gerbang Tol Otomatis (GTO), Penempatan Variable Message Sign (VMS) pada titik awal Jakarta –Cikampek Elevated, dan sistem buka tutup pada SPBU & Rest Area apabila terjadi kepadatan.

Diprediksi, puncak arus libur akan berlangsung 20-24 Desember 2019, sedang puncak arus balik diperkirakan 29-31 Desember 2019.

Penulis: Reynas Abdila
Editor: Anita K Wardhani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved