Breaking News:

Presiden Beri Mandat Wakil Menteri PUPR Tangani Pembangunan Infrastruktur Indonesia Timur

John Wempi menyatakan, pembanguna Jalan Trans Papua akan terus berlanjut hingga konektivitas seluruh daerah di Papua bisa terhubung.

HANDOUT
Wakil Menteri PUPR John Wempi Wetipo saat meninjau Wamena pasca kerusuhan, Kamis, 5 Desember 2019. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Jokowi mengangkat John Wempi Wetipo putra asli Papua sebagai Wakil Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dalam Kabinet Indonesia Maju.

“Ada beberapa hal yang disampaikan Presiden kepada saya sebagai Wakil Menteri PUPR yakni tugas pengawasan. Lalu mengawal percepatan proses pembangunan infrastruktur di wilayah Timur Indonesia, lebih khusus Papua dan Papua Barat,’’ ’ujar John Wempi Wetipo saat meninjau Wamena pasca kerusuhan, Kamis, 5 Desember 2019.

Dia berharap, dalam mengawal proses pembagunan infrastruktur di Indonesia Timur, dapat bersinergi dengan seluruh permangku kepentingan yang di daerah tersebut.

Yakni, para bupati dan gubernur baik di Papua dan Papua Barat.

"Termasuk mungkin Maluku, Maluku Utara , Nusa Tenggara Timur, Sulawesi, ini bisa kita jalan supaya kita dapat membangun dengan lancer mengejar ketertinggalan dengan saudara-saudara kita yang lain," kata John Wempi.

Dia menyatakan perhatian Presiden Jokowi terhadap pembangunan Papua sangat tinggi. 

Baca: Kunjungi Wamena, Wakil Menteri PUPR Temukan Fakta Aktivitas Warga Belum Pulih

“Di kepemimpinan Presiden periode pertama, telah 13 kali berkunjung ke Papua. Ini bukti presiden sangat serius membangun Papua. Untuk periode kedua, Presiden mengangkat Wakil Menteri dari Pegunungan Tengah Papua, saya pikir ini sejarah baru dalam perpolitikan Indonesia lebih khusus Papua, untuk pertama kali wakil menteri dari anak Pegunungan," ujarnya.

"Ini kepercayaan yang luar biasa apalagi bicara infrastruktur dari Sabang sampai Merauke, terlalu besar dan terlalu berat. Ini kepercayaan yang besar harus dijaga dengan baik," ungkapnya.

Selain membangun infrastruktur, John Wempi Wetipo juga berharap ada pembangunan character building di Papua agar pembangunan manusia dan infrastrukturnya bisa sejalan.

"Dalam kapasitas saya hari ini sebagai Wakil menteri PUPR., saya tidak punya kapasitas bicara politik. Tugas saya adalah bagaimana membangun infrastruktur di Papua, percepatan pembangunan infrastruktur di Papua sesuai dengan harapan Pak Presiden dan Wakil Presiden," ungkap John.

Soal berapa banyak putra papua yang akan diajaknya mengimplementasikan visi dan misi presiden untuk pembangunan infrastruktur di Papua, dia mengatakan masih dikonsolidasikan. ‘

’Saya belum bisa putuskan berapa anak Papua yang nanti ikut membantu saya dalam proses pengawasan dan pengawalan pembangunan infrastruktur di Indonesia Timur,’’ tandasnya.

John Wempi juga menyatakan, bahwa pembanguna Jalan Trans Papua akan terus berlanjut hingga konektivitas seluruh daerah di Papua bisa terhubung.

‘’Targetnya tahun depan sudah terhubung semua daerah. Dengan terhubung, maka keterisolasian yang membuat harga-harga menjadi mahal akan mulai bisa diatasi secara perlahan."

Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved