Presiden Jokowi Minta Para Menteri Percepat Program Kartu Prakerja hingga Indonesia Pintar

Presiden Jokowi meminta para menterinya mempercepat pelaksanaan program Kartu Pra-kerja hingga Kartu Indonesia Pintar (KIP).

Presiden Jokowi Minta Para Menteri Percepat Program Kartu Prakerja hingga Indonesia Pintar
Youtube Sekretariat Presiden
Screenshoot 

TRIBUNNEWS.COM - Presiden Jokowi meminta para menterinya percepat pelaksanaan program-program kampanyenya.

Ia dengan tegas meminta jajaran kementerian segera melaksanakan program tersebut.

"Saya minta semua program yang tadi saya sebutkan, baik kartu prakerja, JKN-KIS, PKH, Bantuan Pangan Nontunai segera bisa dilaksanakan secepat-cepatnya dan yang paling penting penyaluran kartu itu betul-betul tepat sasaran," jelas Jokowi, dilansir dari Youtube Sekretariat Presiden.

Hal tersebut disampaikan Jokowi saat memimpin rapat terbatas dengan topik "Implementasi Program Siap Kerja dan Perlindungan Sosial" di Kantor Presiden, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (10/12/2019).

Sementara itu Presiden Jokowi menegaskan bahwa program Kartu Prakerja bukanlah upaya pemerintah untuk menggaji para pengangguran.

Jokowi menilai, saat ini timbul persepsi yang salah di masyarakat mengenai program Kartu Prakerja.

"Terkait implementasi Kartu Prakerja, saya ingin menegaskan lagi bahwa program ini bukan menggaji pengangguran, sekali lagi bukan menggaji pengangguran. Ini penting saya sampaikan karena muncul narasi seolah-olah pemerintah akan menggaji pengangguran, tidak, itu keliru," tegasnya.

Lanjut, Jokowi menjelaskan Kartu Prakerja merupakan bantuan biaya pelatihan vokasi untuk para pencari kerja yang membutuhkan.

Program ini juga menyasar kepada para pekerja aktif dan para pekerja korban pemutusan hubungan kerja (PHK).

"Jadi Kartu Prakerja merupakan bantuan biaya pelatihan vokasi untuk para pencari kerja yang berusia 18 tahun ke atas dan tidak sedang dalam pendidikan formal. Atau juga untuk para pekerja aktif dan pekerja yang terkena PHK yang membutuhkan peningkatan kompetensi," jelasnya.

Halaman
12
Penulis: Indah Aprilin Cahyani
Editor: Muhammad Renald Shiftanto
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved