Stafsus Milenial Belva Gunakan Gajinya untuk Program 'CiptaNyata'

Staf Khusus Presiden Belva Devara meluncurkan program pengembangan kapasitas generasi muda dan kompetisi online bernama CiptaNyata.

Stafsus Milenial Belva Gunakan Gajinya untuk Program 'CiptaNyata'
Instagram/belvadevara
Adamas Belva Syah Devara, pendiri start up edukasi Ruang Guru yang ditunjuk Presiden Jokowi sebagai Staf Khusus Presiden 
Laporan Wartawan Tribunnews.com, Theresia Felisiani
TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA  -Demi meningkatkan semangat inovasi dan optimisme kewirausahaan, Staf Khusus Presiden Belva Devara meluncurkan program pengembangan kapasitas generasi muda dan kompetisi online bernama CiptaNyata.
Program ini menyasar masyarakat yang memiliki minat kewirausahaan atau sedang menjalankan usaha UMKM. Dua peserta yang terpilih setiap bulannya dalam program CiptaNyata akan mendapatkan bantuan pendanaan masing-masing sebesar Rp20 juta.
Belva menjelaskan uang itu berasal dari seluruh gaji yang diterimanya sebagai Staf Khusus Presiden setelah pajak, dan program pengarahan atau mentorship langsung oleh praktisi dari lini usaha yang diajukan.
“Saya menyadari kapasitas saya sebagai Staf Khusus Presiden kini mengizinkan saya untuk menyapa lebih banyak lagi masyarakat Indonesia. Saya ingin menggunakan kesempatan itu untuk bisa menyebarkan semangat inovasi dan kewirausahaan seluas-luasnya, khususnya pada generasi muda," papar Pengusaha muda tersebut dalam keterangan persnya, Selasa (10/12/2019).
Belva menuturkan Program CiptaNyata sendiri lahir dari pengalaman dan perjuangan dirinya dalam merintis usaha aplikasi belajar, Ruangguru.
“Saya mengalami sendiri sulitnya mendirikan usaha, dari Ruangguru dulu hanya memiliki satu orang karyawan, hingga kini 4.000 orang. Hal tersebut menyadarkan saya akan sulitnya mendapatkan modal dan kurang tersedianya bimbingan mentor yang cakap dalam merintis usaha," papar Belva.
"Walau demikian, perjuangan kami di Ruangguru meyakinkan saya bahwa kegiatan wirausaha yang bermisi sosial mampu memberikan dampak yang berkelanjutan di masyarakat luas," imbuhnya lagi.
Belva berharap program CiptaNyata dapat menjadi benih perjalanan usaha jangka panjang dan berkelanjutan bagi sang pemenang, dan menjadi katalisator bagi pengusaha pemula Indonesia lainnya, sehingga mereka bisa bergerak maju lebih cepat,” singkat Belva.
Pada tahap awal, program ini akan berjalan selama enam bulan. Pendaftaran program CiptaNyata fase pertama akan dibuka di bulan Desember 2019 dan siapapun memiliki kesempatan untuk menjadi pemenang. 
Dengan tema bulan Desember, yaitu fesyen dan busana, peserta dapat mengunggah proposal usaha serta video untuk menjelaskan bidang usaha tersebut secara rinci dan terstruktur.
Tahap selanjutnya adalah proses seleksi dan penilaian di mana dokumen peserta yang masuk akan dinilai oleh Dewan Juri. 
Terakhir, Dewan Juri akan memilih dua pemenang untuk setiap kategori setiap bulannya. Dua pemenang akan mendapatkan masing-masing dana sebesar Rp20 juta serta mendapatkan pengarahan langsung dari para mentor. Dana akan diberikan dalam 2 tahap dalam 2 bulan. 
Tahap pemberian dana pertama akan dilakukan setelah pemenang diumumkan. Pemenang yang terpilih juga diwajibkan untuk membuat video perkembangan bisnisnya yang akan diunggah di situs CiptaNyata. 
Video tersebut berfungsi sebagai bentuk pertanggungjawaban pemenang dalam menjalankan bisnisnya sekaligus menjadi role model menyebarkan ilmu yang didapat melalui program ini kepada masyarakat yang lebih luas.
Untuk informasi lebih lanjut, klik situs www.ciptanyata.com atau daftar di
Penulis: Theresia Felisiani
Editor: Malvyandie Haryadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved