Hadiri Delhi Dialogue, Indonesia dan India Akan Bahas Soal Keamanan Hingga Konektivitas Ekonomi

Indonesia dan India akan melakukan joint commission meeting dalam gelaran Delhi Dialogue ke-11 pada 13 dan 14 Desember 2019.

Hadiri Delhi Dialogue, Indonesia dan India Akan Bahas Soal Keamanan Hingga Konektivitas Ekonomi
Tribunnews.com/ Larasati Dyah Utami
Teuku Faizasyah. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Larasati Dyah Utami

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Indonesia dan India akan melakukan joint commission meeting dalam gelaran Delhi Dialogue ke-11 pada 13 dan 14 Desember 2019.

Hal tersebut disampaikan staf ahli bidang politik hukum dan keamanan sekaligus juru bicara Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia (jubir Kemlu RI), Teuku Faizasyah, di kantor Kemlu, Jakarta, Kamis (12/12/2019).

"Memanfaatkan keberadaan di India, ibu Menlu juga akan melakukan pertemuan bilateral dengan India yang dalam konteks joint commision meeting antara Indonesia dan India," kata Teuku Faizasyah.

Baca: Gadis di India Dibakar Hidup-hidup Pelaku Pemerkosaan Karena Melawan

Selain menjadi keynote address, dijelaskan Teuku Faizasyah, nantinya Menlu Retno Marsudi akan membahas sejumlah isu dalan pertemuan ke-6 joint commision meeting dengan tuan rumah gelaran acara tersebut.

Sejumlah isu yang akan dibahas diantaranya isu keamanan, kerjasama ekonomi, people to people context, serta menindaklanjuti hal-hal yang sempat dibahas dalam pertemuan kedua kepala pemerintahan pada November 2019 dalam KTT Bangkok.

Baca: Jangan Salah Mengartikan, Ini Makna Gelengan Kepala Orang India saat Berbicara

"Kita mencatat beberapa rangkaian pertemuan dialog antara Indonesia dan India. Intinya sebenarnya adalah untuk melihat kerjasama yang lebih erat lagi dalam pengembangan industri pertahanan antara Indonesia dan India," ujar Teuku Faizasyah.

Kerjasama di bidang ekonomi akan tetap menjadi prioritas dalam pertemuan bilateral tersebut.

Baca: Akhir Tragis Dokter Muda Tewas Dibakar setelah Diperkosa, Ban Motor Sengaja Digembosi 4 Pelaku

Teuku Faizasyah mengatakan ada berbagai upaya akan dilakukan untuk mendorong peningkatan kerjasama ekonomi untuk membangun konektivitas antara wilayah barat Indonesia, yaitu antara Aceh dan kepulauan Andaman

"Membangun konektivitas adalah satu bidang yang coba didorong Kemlu. Sehingga faktor kedekatan jarak dan sejarah keterhubungan antara India dan Indonesia melalui jalur Andaman-Aceh ini, kepulauan Andaman dan Nicobar dapat dibangun kembali," ujarnya.

Editor: Adi Suhendi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved